Optimalkan Jaringan Kelistrikan, PLN Icon Plus Tingkatkan Layanan Internet Cepat

Ida Farida
Apr 12, 2023

KOSADATA - PLN Icon Plus siap menghadirkan layanan internet cepat dengan memaksimalkan aset kabel fiber optik yang dimiliki oleh PT PLN (Persero).

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi menjelaskan, PLN memiliki aset jaringan kabel yang mampu menjadi jalur internet.

Aset yang sebelumnya hanya digunakan untuk ketenagalistrikan, melalui diversifikasi bisnis aset tersebut dimanfaatkan untuk menyediakan layanan internet bagi pelanggan.

"Kami memaksimalkan pemanfaatan aset yang dimiliki untuk bisa meningkatkan customer experience. Pelanggan listrik ke depannya bisa menikmati jaringan internet sekaligus yang andal dan cepat dengan satu akses lewat PLN," ujar Ari dalam keterangan tertulis, Rabu (12/4/2023).

Dirinya menjelaskan laporan Ookla menyebut kecepatan internet fixed broadband di Indonesia masih mencapai angka 26,38 Mbps. Dengan optimalisasi  aset PLN tersebut, kecepatan internet dapat mencapai 500 (Megabit per second) Mbps.

“Sebetulnya, secara teknologi yang telah tersedia di rumah-rumah masyarakat, untuk layanan internet broadband (bandwidth) kita sudah mampu sampai 1 Gbps (Giga bit per second). Artinya dengan mudah pelanggan bisa mendapatkan 500 Mbps jauh di atas Singapura,” kata Ari.

PLN Icon Plus yang merupakan perusahaan penyedia jaringan telekomunikasi di Indonesia terus berupaya memberi kontribusi terhadap perkembangan telekomunikasi nasional.

“Di setiap pembangunan jaringan transmisi PLN itu ada sistem fiber optiknya yang bisa dikembangkan yaitu memberikan layanan akses data dan internet untuk pelanggan baik PLN maupun non PLN,” tambah Ari.

Menurutnya, pemerintah juga sudah sangat aktif dan berkontribusi langsung dalam pemerataan jaringan internet, antara lain dengan program palapa ring fiber optik. “Sehingga pulau-pulau kita


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0