Padankan Data, Kemendagri: Banyak Warga KTP Jakarta Tinggal di Daerah

Isma Nanik
Feb 23, 2023

KOSADATA - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri) Kemendagri), Zudan Arief Fakrulloh mengakui Kota Jakarta mempunyai daya tarik yang luar biasa. Tak heran, warga di luar kota akan terus berdatangan ke Kota Jakarta.

"Sebab daya tariknya luar biasa, pelayanan publiknya  sangat bagus, kemudian ada 17 program jaring pengaman sosialnya, maka orang akan datang ke Jakarta," kata Zudan melalui keterangannya, kemarin.

"Termasuk mereka yang sudah keluar dari DKI Jakarta karena misalnya, punya rumah di Bekasi, Kota Tangsel, Depok atau di Bogor, tetapi KTP-nya masih berdomisili di DKI," tuturnya.

Zudan pun mendorong semua penduduk yang memiliki rumah di luar DKI untuk segera pindah domisili. "Sebab secara riil sudah tidak tinggal di DKI Jakarta," tukas Zudan.

Di sisi lain, Zudan menjelaskan perihal pemadanan data, mengapa perlu dilakukan. Tentu saja diperlukan untuk membersihkan data kependudukan.

"Misalnya, penduduk yang terdaftar sebagai penerima bansos dari Pemprov DKI, tetapi punya tanah, punya mobil, sepeda motor akan kita keluarkan dari daftar penerima bansos. Ini namanya proses pemadanan data," jelasnya menandaskan. ***

Related Post

Post a Comment

Comments 0