Pemprov DKI Bakal Permak Ragunan, Kucurkan Dana Rp130 Miliar

Abdillah Balfast
Feb 04, 2023

KOSADATA - Pemprov DKI Jakarta berencana mempercantik kawasan Ragunan">Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan. Bahkan, Pemprov DKI siap mengucurkan dana sebesar Rp130 miliar untuk beautifikasi atau revitalisasi kawasan TMR. Adapun proses beautifikasi direncanakan mulai tahun 2023 ini.

"Untuk 'beautifikasi', kami minta untuk tahun ini kurang lebih Rp130 miliar dengan pendapatan kami sebagai BLU," kata Kepala Unit Pengelola (UP) TMR, drh Endah Rumiati kepada awak media di Ragunan, Jumat (3/2/2023).

Endah menambahkan tahun 2023 hanya fokus kepada penataan dengan anggaran Rp130 miliar. Sebab, selama dua tahun terakhir terkena refocusing imbas pandemi Covid-19. 

Adapun proses beautifikasi meliputi perbaikan kandang dan membuat zonasi khusus seperti yang sudah ada yakni Pusat Primata Schmutzer.

"Jadi kita perbaikan-perbaikan kandang hewan, nanti kami buat zonasi khusus mulai dari karnivora hingga herbivora. Nantinya seperti Pusat Primata," ucap Endah.

Endah membuka peluang untuk menutup sementara atau buka secara parsial saat proses 'beautifikasi' berlangsung.

"Mungkin kita bisa lakukan pembukaan secara parsial ya. Jadi nanti zona-zona dulu satu-satu kita selesaikan supaya pengunjung masih bisa ada yang masuk ke dalam kawasan TMR," tuturnya.

 

Related Post

Post a Comment

Comments 0