Pj Gubernur DKI Diminta Tata Ulang Jalur Sepeda

Peri Irawan
Apr 21, 2023

KOSADATA - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono diminta untuk menata ulang jalur sepeda di Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah karena pengguna sepeda di Jakarta juga tak banyak dibanding pengendara bermotor.

Menurutnya, pemerintah daerah perlu menata ulang jalur sepeda yang ada di Ibu Kota. Tidak semua ruas jalan di Jakarta harus memiliki jalur sepeda, termasuk simpang Pasar Santa yang dikenal lalu lintasnya cukup semrawut dan ruas jalan yang tidak begitu besar.

Tak ayal jalur sepeda dan pedestrian di ruas jalan itu dibongkar menjadi jalan raya demi memperlancar lalu lintas kendaraan. Jika tak dibongkar, ucap dia, justru terjadi bottleneck.

“Ini kan masalahnya jalan kecil dan sempit, sudah begitu diperlebar dengan trotoar. Sebenarnya saya setuju dengan sepeda tapi jalur sepeda ini harusnya dibatasi atau dikendalikan,” kata Trubus pada Kamis (20/4/2023).

“Tidak setiap jalan harus ada jalur sepeda, dan pengguna sepeda di Jakarta ini baru sebatas hobi, bukan merupakan moda transportasi,” lanjutnya.

Menurut dia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan jalur sepeda saat itu guna membangun paradigma masyarakat bahwa sepeda merupakan alat transportasi. Namun citra yang dibangun Anies itu justru bertolak belakang dengan sikap anak buahnya di pemerintahan yang jarang naik sepeda untuk bekerja di kantor.

“Kita (pemerintah) belum berani menetapkan bahwa sepeda sebagai moda transportasi. Harusnya kalau memang seperti itu kayak di negara-negara lain maka ditetapkan saja, jadi wajib seluruh ASN Pemprov DKI Jakarta pakai sepeda,” ujar Trubus.

Selain itu, keberadaan jalur sepeda


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0