PLN Lakukan Perawatan, Listrik Dipastikan Tetap Nyala

Potan Ahmad
Mar 09, 2023

KOSADATA - Warga tak perlu khawatir akan kehilangan aliran listrik di rumah selama petugas bertugas di gardu melakukan pemeliharaan.

Hal ini salah satu langkah maju yang dilakukan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya. 

Tidak padamnya listrik saat perawatan, sebab saat ini sudah adanya UGB%29">mobil Unit Gardu Bergerak (UGB)

Manager Operasi dan Pemeliharaan Sistem Distribusi PLN UID Jakarta Raya, Heri Sutikno mengatakan, mobil Unit Gardu Bergerak dapat menyalurkan aliran listrik untuk rumah warga lewat UGB tersebut.

Heri menjelaskan, UGB berperan sebagai gardu pengganti selama gardu listrik yang ada dipermukiman dimatikan karena sedang dilakukan pemeliharaan.

"Setiap pemeliharaan gardu bisa menggunakan UGB. Satu hari bisa ada 6-10 pengerjaan. Bisa full sehari. Bisa terlayani semuanya," ujar Heri di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (9/3/2023).

Menurut Heri, kebijakan memelihara tanpa memadamkan aliran listrik ini akan memberikan dampak manfaat besar pada masyarakat. 

Tak hanya itu, program ini juga menyelamatkan pendapatan PLN sendiri. Ia memperkirakan selama tahun 2023 mengerjakan pemeliharaan di 150 gardi pihaknya tetap mendapatkan Rp240 juta dari tarif pemakaian listrik masyarakat karena tak melakukan pemadaman.

"Jadi 150 gardu kita dapatnya Rp240 juta. bagi PLN sendiri ini sangat bermanfaat sekali ya karena kita tidak kehilangan potensi untuk menjual," jelasnya.

Heri menyebut pihaknya memiliki 23 unit UGB yang bisa dikerahkan untuk melakukan pemeliharaan tanpa pemadaman ke seluruh wilayah Jakarta. Namun, ia mengakui ada sejumlah lokasi gardu yang tak bisa diakses UGB.

Solusinya, pihaknya memperpendek durasi pemeliharaan


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0