Soft Opening Nara Kupu Jogja, Langkah Awal Dongkrak Ekonomi Warga Sleman

Admin Kosadata
Dec 31, 2022

 

KOSADATA - Kawasan Eduwisata Nara Kupu Jogja (NKJ) yang terletak di kaki gunung Merapi, tepatnya di Pandanpuro, Hargobinangun, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar acara soft opening pada Sabtu (5/11) pagi.

Field Manager Nara Kupu Jogja, Doni Darmawan menyampaikan, dengan digelarnya soft opening tersebut, pihaknya optimis kedatangan wisatawan dalam dan luar negeri ke lokasi yang memiliki beragam area wisata itu akan menunjang sektor ekonomi masyarakat sekitar.

"Melalui kegiatan soft opening Nara Kupu Jogja ini, kami optimis masyarakat sekitar mulai saat ini mempunyai sebuah harapan baru untuk bersama sama menumbuhkan kesejahteraan melalui pengelolaan alam dan lingkungan," ujar Doni dihubungi di Jakarta, Sabtu (5/11/2022).

Doni mengatakan, pihaknya komitmen untuk menjadikan NKJ sebagai kawasan pengelolaan usaha mikro yang berkelanjutan mulai dari edukasi, produksi, pengelolaan dan pemasaran. Seperti, kata  Doni, yang telah pihaknya lakukan yakni mengedukasi warga dalam mengolah sampah organik.

Selain itu, NKJ juga mendukung upaya pemerintah untuk menciptakan ketahanan pangan dengan menjadikan pengembangan bidang agrikultur sebagai bagian dari perencanaan kawasan.

"Tentu kami terus membangun sinergi dengan masyarakat dan komunitas sekitar dengan mendorong penggunaan material lokal. Kami pun akan menjadikan NKJ sebagai destinasi eco cultural tourism dan agro Eduwisata yang terintegrasi dengan pemerintah daerah," katanya.

Lebih lanjut Doni mengungkapkan, selain lokasi urban digital farming, penangkaran rusa dan hewan ternak, pihaknya juga terus melengkapi kawasan tersebut dengan fasilitas penunjang seperti perpustakaan, toko souvenir yang menjual produk ramah lingkungan, klinik kesehatan, homestay dan kafe atau restoran.

"Kami juga berprinsip untuk mendukung pola hidup sehat salah satunya menyosialisasikan panganan sehat dari sayuran organik, dan ini sudah mulai


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0