Tak Dilirik Capres-Cawapres, Pelaku Circular Economy Terhempas di Ujung Pemilu 2024

Ida Farida
Jan 18, 2024

Bagong Suyoto berdiskusi dengan pelaku Circular Economy di TPST Bantargebang. Foto: dok pribadi

Oleh: Bagong Suyoto 

Ketua Koalisi Persampahan Nasional (KPNas)

 

Siapa Capres 2024 yang bisa menolong ujung tombak pelaku circular economy Indonesia? Sekarang kehidupan sosial ekonomi sedang terhempas pada titik terendah! Betapa susahnya hidup di "negeri gemah ripah loh jinawi".

 

Pelaku circular economy sebagian besar adalah sektor informal persampahan, seperti pemulung, pelapak, buruh sortir, pencacahan plastik. Posisi mereka sangat rentan, kini sedang terendam air hingga leher dan sebentar tenggelam dengan sedikit tiupan angin. Itu rakyat NKRI, jelas ber-KTP NKRI.

 

Para Capres Cawapres Pemilu 2024 tidak ada yang melihat langsung kehidupan mereka. Apalagi datang ke gubuk-gubuk kumuh itu untuk berdialog seputar kehidupan dan masa depan mereka dan anak-anaknya. 

 

Sejak Januari 2022 hingga Januari 2024 harga sampah pungutan pemulung turun draktis, sekitar 50-70%. Bahkan, ada beberapa jenis sampah pungutan tidak laku jual. Karena sulitnya uang kontan. Sejumlah pelapak kecil dan menengah bangkrut, sementara hutang masih besar.

 

Pada 14 Januari 2024 mengantar tim mahasiswa Center for Indonesian Medical Students' Activities Universitas Indonesia (CIMSA UI) menemui sejumlah pemulung di gubuk-gubuk kumuh di kawasan TPST Bantargebang. Tujuannya mengetahui kondisi kesehatan pemulung. Sementara saya melakukan diskusi tentang kondisi sosial ekonomi pemulung, pelapak dan buruh sortir. Sebenarnya saya melakukan pendamping berkelanjutan terhadap mereka.

 

Contoh harga sampah campuran (gabrugan) per 14 Januari 2024 berada pada tingkat terendah, Rp 700/kg, ketika harga bagus atau normal mencapai Rp 1.400/kg. Harga beling Rp 500/kg, dulu ketika normal Rp 1.000/kg. Hampir semua jenis sampah pungutan pemulung terjun bebas.

 

Contoh jatuhnya harga cacahan tali klem plastik jenis PK, Rp 5.500/kg sekarang. Pada Maret/April 2023 berkisar Rp


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0