Temui Menteri ATR, Heru Ingin Benahi Tata Ruang Jakarta

Peri Irawan
Mar 13, 2023

KOSADATA - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menemui Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Hadi Tjahjanto.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin membenahi tata ruang Jakarta usai nantinya Ibu Kota Negara (IKN) pindah ke Kalimantan Timur. Hal ini, aku Heru Budi, telah dibahas secara maraton antara Pemprov DKI Jakarta, Kementerian ATR/BPN dan pihak terkait lainnya.

"Jadi sinkronisasi rencana tata ruang wilayah, kan kemarin beberapa bulan yang lalu sudah ke Bappenas lantas Kementerian PUPR, kemudian hari ini saya menghadap Pak Menteri ATR untuk menyampaikan konsep dan mohon koreksi dan arahan Pak Menteri ATR," ujar Heru Budi di kantor Kementerian ATR/BPN di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (13/3/2023).

Salah satu yang menjadi sorotan, kata Heru, adalah pembenahan tata ruang transportasi. Menurutnya, pemerintah ingin transportasi Jakarta ini terintegrasi dengan sistem transportasi di daerah penyangga. Termasuk soal penanganan banjir dan pemanfaatan aset.

"Pertama, transportasi, konsep transportasi bisa masuk ke daerah daerah tetangga jakarta, terus tadi ada NCICD, lantas berikutnya pemanfaatan aset pasca ikn, itu poinnya," ungkap Heru.

Namun, Heru membantah pertemuan itu untuk membahas nasib Tanah Merah. Dia memastikan, pertemuan dengan Menteri ATR itu membahas tata ruang Jakarta secara global.

"Enggak, bahas secara umum, gak ada bahas itu (Tanah Merah). Nggak (bahas Tanah Merah), keseluruhan saja. Nanti kan lagi di detailin sama jajaran pak Menteri ATR," tandasnya. ***

Related Post

Post a Comment

Comments 0