Angkutan Laut Perintis Dukung Mobilitas Masyarakat di Daerah Terpencil

Dian Riski
May 26, 2023

KOSADATA -  Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melaksanakan kegiatan Pra Rapat Koordinasi Angkutan Laut Perintis pada tanggal 24-26 Mei 2023 di Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention - Medan.

Acara ini dihadiri oleh para Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama, Otoritas Pelabuhan Utama, KSOP, dan Unit Penyelenggara Pelabuhan selaku KPA dan/atau PPK kegiatan angkutan laut kapal perintis, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi pada Pelabuhan Pangkal Kapal Perintis, serta para Operator Kapal Angkutan Laut Perintis Tahun 2023.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha, menyampaikan apresiasinya atas peran penting angkutan laut kapal perintis dalam mendukung mobilitas masyarakat di daerah-daerah terpencil dan tertinggal.

"Angkutan laut kapal perintis telah menjadi tulang punggung konektivitas transportasi di Indonesia, dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan ini guna memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia," ujar Dirjen Arif saat membuka acara tersebut.

Dirjen Arif mengungkapkan pada tahun 2023 ini, Ditjen Hubla telah menyelenggarakan sejumlah 116 trayek angkutan laut kapal perintis yang melayani 42 pelabuhan pangkal, tersebar di 23 Provinsi di Indonesia, dan melayani lebih dari 562 pelabuhan singgah.

"Saya dengan tulus menyambut baik acara Prarakornas Perintis Tahun Anggaran 2023 yang diadakan pada kesempatan ini. Saya berharap bahwa kegiatan ini akan menjadi wadah yang efektif dalam mempertemukan kebutuhan layanan angkutan laut perintis dari daerah-daerah dengan kebijakan Kementerian Perhubungan, sehingga konektivitas transportasi dapat terjaga dan ditingkatkan," ujarnya.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting menyampaikan Pra Rapat Koordinasi Angkutan Laut


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0