Asyiknya Ngabuburit dengan Buggy Car, Mobil Listrik di Setu Babakan

Peri Irawan
Apr 02, 2023

KOSADATA - Ngabuburit di kawasan wisata Setu Babakan menjadi daya tarik tersendiri warga Jakarta di bulan Ramadan 1444H. Terlebih, pengelola Setu Babakan menyiapkan layanan Buggy Car, kendaraan listrik untuk Wara Wiri pengunjung dan sepeda listrik.

Kehadiran Buggy Car ini di Kampung Wisata Budaya Betawi Setu Babakan menyerap tenaga kerja sebanyak 5 orang yang berasal dari masyarakat sekitar. Mobil Wara-wiri dan sepeda listrik menjadi wahana baru sebagai sumber pendapatan tambahan di Setu Babakan.

“Dibukanya wahana kendaraan listrik ini, kami mempekerjakan 1 petugas loket serta 4 supir Wara-wiri, alhamdulillah bisa menyerap tenaga warga sekitar,” ujar Ketua Pokdarwis Setu Babakan, Sadeli di lokasi, Sabtu (1/4/2023).

Sadeli mengungkapkan sejak diresmikan pada Januari 2023 lalu, minat masyarakat mencoba wahana baru kian besar. Kampung Wisata Setu Babakan ramai pengunjung pada Hari Sabtu Minggu dan animo naik wahana baru juga besar di hari tersebut. Dalam sebulan tercatat rata-rata 70 transaksi penyewaan Wara-wiri dan sepeda listrik.

Pengunjung Kawasan Wisata Setu Babakan yang dulunya berjalan kaki, kini dapat menikmati pengalaman baru mengendarai kendaraan listrik yaitu buggy car Wari-wiri atau sepeda listrik untuk berkeliling sambil menikmati pemandangan asri nan hijau.

Kendaraan listrik sebagai wahana baru di Kampung Wisata Setu Babakan merupakan kolaborasi antara PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Perkampungan Budaya Betawi. Selain sebagai bentuk kampanye untuk pengurangan emisi gas, program ini merupakan upaya mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

Tiket Wara-wiri dibanderol seharga Rp75.000 untuk rute menuju Kampung Ismail Marzuki. Sedangkan untuk sepeda listrik pengunjung bisa menyewa dengan harga Rp20.000


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0