Atas Permintaan Keluarga Dua Jenazah WNI Korban Gempa Turki Dimakamkan di Indonesia

Potan Ahmad
Feb 21, 2023

KOSADATA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, dua dari empat warga negara Indonesia (WNI) yang meninggal dunia akibat gempa Turki, akan dipulangkan dan dimakamkan di Tanah Air. 

Sebelumnya sebanyak empat WNI korban gempa Turki meninggal dunia. Dua jenazah WNI lainnya sudah dimakamkan di Turki.

Menurut Retno, dua jenazah yang baru ditemukan akan dibawa ke tanah air untuk dimakamkan. Hal itu merupakan permintaan keluarga. 

"Dua tambahan lagi akan dikebumikan di Indonesia atas permintaan keluarga,"" kata Retno saat mendampingi Presiden Jokowi melepas bantuan ke Turki, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Retno menjelaskan, dua jenazah WNI itu akan dibawa oleh pesawat Garuda Indonesia, yang saat ini berangkat ke Turki dengan membawa bantuan. Selain itu, 85 WNI korban terdampak Turki juga akan dipulangkan dengan pesawat yang sama.

"Pesawat Garuda yang akan membawa bantuan ke Turki pada saat kembali akan membawa dua jenazah tersebut," ujarnya.

Menurut Retno, Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Suharyanto akan berangkat ke Turki, pada Selasa hari ini. Keduanya akan mengecek bantuan apa yang perlu dikirim pemerintah Indonesia untuk korban gempa Turki dan Suriah.

"Beliau akan melakukan pertemuan dan melakukan assessment apa yang dapat disampaikan, apa yang dapat dibantu lagi dari pihak Indonesia ke pemerintah setempat," tutur Retno.

Related Post

Post a Comment

Comments 0