Bangun Jalur KA melalui Purwakarta, KCIC Raih Penghargaan dari Pemkab Purwakarta

Dian Riski
Mar 18, 2023

KOSADATA - PT Kereta Cepat Indonesia China menerima penghargaan sebagai Terbaik Ke 2 Kategori Penanaman Modal Asing dalam kegiatan Anugerah Investasi Purwakarta.

Penghargaan tersebut diberikan kepada KCIC, karena investasi KCIC pada proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di wilayah Purwakarta dinilai telah memenuhi persyaratan sebagi investasi terbaik berdasarkan nilai investasi, pengurusan perizinan, penyerapan tenaga kerja, dampak sosial, dan Laporan Kegiatan Penanaman Modal.

Kegiatan Anugerah Investasi Purwakarta diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Purwakarta di Hotel Harper Purwakarta pada Selasa (14/3).

General Manager Corporate Secretary KCIC, Rahadian Ratry menyampaikan bahwa penghargaan ini adalah bukti konkret bahwa KCIC tidak hanya membangun sarana dan prasarana transportasi, tetapi juga turut membangun perekonomian pada wilayah-wilayah yang dilalui.

Baca juga: Tingkatkan kualitas jalan, KCIC perbaiki jalur darangdang-nanggaleng di kabupaten purwakarta

“Penghargaan ini adalah bukti bahwa investasi yang ditanamkan KCIC di Purwakarta ini menguntungkan pemerintah dan masyarakat yang ada di sekitar trase KCJB. Di satu sisi pendapatan daerah meningkat, di sisi lain masyarakat yang menerima ganti untung pembebasan lahan, juga mendapatkan manfaatnya," ujarnya.

"Selain itu, KCIC juga melibatkan masyarakat setempat dalam konstruksi KCJB sebagai tenaga kerja. Hal-hal tersebutlah yang menunjukkan bahwa hadirnya KCJB memberikan multiplier effect pada perekonomian Indonesia,” ujar Rahadian lagi. 

Purwakarta adalah salah satu wilayah yang dilalui oleh KCJB sepanjang 24 km. Di Purwakarta, KCIC membangun 5 buah terowongan, 19 struktur jembatan, dan 28 struktur subgrade.

Salah satu terowongan tersebut, yaitu tunnel 2, juga sempat dilakukan


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0