Baru Terendus Setelah Dua Tahun, Brangkas Bank BJB Dibobol Karyawan

Bambang Widodo
Feb 10, 2023

KOSADATA - Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Ibrahim Tompo membenarkan adanya karyawan Bank BJB yang berhasil membobol brankas kantornya. Sedikitnya, uang sebesar Rp Rp.20.671.000.000,- (dua puluh milyar enam ratus tujuh puluh satu juta rupiah) melayang.

Menurutnya, pembobolan dilakukan oleh salah seorang karyawan BJB berinisial AS yang kini sudah ditahan di Mapolda Jabar.

"Kasus ini berawal dari adanya laporan Riyan Fardian karyawan bank bjb Kantor Cabang Utama, untuk kemudian ditindaklanjuti dengan penyelidikan dan penyidikan," ujar Kombes Pol. Ibrahim Tompo kepada wartawan, dikutip Jum'at (10/2/2023).

Menurutnya, kasus pembobolan bank ini terjadi di bank bjb Kantor Cabang Pangandaran di Jl. Merdeka Barat No. 396 Karangsari Padaherang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pelaku mulai menggasak uang nasabah secara bertahap sejak sekitar bulan Maret 2020 sampai dengan Oktober 2022, hingga totalnya mencapai Rp.20.671.000.000,- (dua puluh milyar enam ratus tujuh puluh satu juta rupiah).

“Kasus tersebut ditangani oleh Dirkrimum, setelah dilakukan penyidikan tersangka berinisial AS kami amankan, dengan tuduhan melakukan penggelapan dalam hubungan kerja/jabatan dan atau pencurian dengan pemberatan dan atau tindak pidana perbankan dan atau tindak pidana pencucian uang,” katanya.

Dia menjelaskan, modus yang dilakukan tersangka yang menjabat sebagai officer Operasional dan jasa ini masuk kedalam khasanah (tempat penyimpanan uang) kemudian dengan menggunakan gunting merusak tumpukan ball (uang yang telah tersusun dengan dibungkus plastik) senilai Rp.1.000.000.000,-

“Untuk menutupi perbuatannya, tersangka mengganti uang yang diambilnya tersebut dengan pecahan lain 1.000, 2.000, 5.000, dan 10.000 kemudian dimasukan kedalam ball yang telah rusak/robek tersebut,” jelasnya.

Perbuatan tersangka, lanjutnya, dilakukan secara bertahap sejak sekitar bulan Maret 2020 sampai


1 2
Post a Comment

Comments 0