Bersama Heru Budi Hartono, Jakarta Tertib Administrasi

Ichsan Sundawani
Mar 15, 2024

Agustinus Tamtama Putra, Foto: Ist

Oleh: Agustinus Tamtama Putra

Pengamat Kebijakan Publik GMT Institute

KOSADATA - Pelayanan publik yang prima merupakan dambaan semua orang. Masyarakat mengalami manfaat yang luar biasa manakala mendapat pelayanan yang optimal dari pemerintah. Demi kebaikan publik (public goodness), pemerintah berupaya untuk terus membenahi sistem, membuatnya semakin prima dan meremajakan berbagai lini sehingga semua urusan bisa ditangani dengan cepat, tanggap, ramah dan tepat sasaran. Pelayanan publik yang efektif merupakan keharusan di era serba praktis dan efisien sekarang ini. 

Heru Budi Hartono selaku Gubernur DKI Jakarta terdepan dalam menekankan ini hingga ke akar-akar pelayanan publik. Sebagaimana dapat disaksikan, petugas-petugas di Balaikota dan aneka layanan publik lainnya di kantor-kantor seantero DKI Jakarta akan dengan ramah, sigap, interaktif dan penuh antusisme menyambut masyarakat dengan sejuta kepentingan. Tak ayal lagi, pelayanan prima, bebas biaya dan humanis senantiasa ditekankan di jajaran pemerintah provinsi DKI Jakarta sebagai corong aspirasi masyarakat. 

Rasa-merasa Lebih Dalam

Pelayanan tersebut membutuhkan ketertiban dan kedisiplinan. Akhlak yang baik, hati yang mulia, niat yang bersih dan kasih dalam pelayanan menjadi roh pendorongnya. Melampaui tugas dan kewajiban, pelayanan pejabat publik merupakan amanah tertinggi yang bila dijalankan bukan hanya sebagai tanggungjawab, melainkan sebuah ibadah yang sepatutnya manusia jalankan apapun agama dan kepercayaannya.

Landasan rohani semacam ini menjadi penggerak aksi dan direalisasikan dalam institusi. Jajaran pemerintah mencoba untuk memberikan pelayanan dari hati dan yang terbaik sehingga dimensi kemanusiaan yang adil dan beradab sungguh terwujudnyata dalam perihidup sehari-hari. 

Dari fondasi rohani ke kemanusiaan yang ditekankan dalam pelayanan ini, diturunkanlah pelbagai terobosan yang termakhtub dalam berbagai kebijakan yang ditelurkan oleh Heru Budi Hartono.


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0