Buang Medali Perak, Jonathan Khemdee Dilarang Tampil Seumur Hidup di SEA Games

Potan Ahmad
May 23, 2023

KOSADATA - Ajang olahraga dua tahunan antar negara ASEAN kembali menjadi sorotan. Selain berbagai kontroversi dalam pergelaran SEA Games mulai pengibaran bendera terbalik hingga matinya lampu di arena pertandingan. 

Terakhir kontroversi datang dari bek timnas Thailand Jonathan Khemdee melalui video yang beredar saat penyerahan medali dan boneka maskot SEA Games 2023, pemain 21 tahun itu membuang kedua barang tersebut ke arah tribun penonton.

Tentunya aksi Jonathan Khemdee ini dinilai tak menghormati dan menghargai pencapaian skuad Gajah Perang di event tersebut. Alhasil, bek Ratchaburi itu mendapat hujatan dari publik Kamboja, Indonesia, dan juga Thailand.

Rupanya aksinya ini menuai respon dari pihak manapun. Jonathan pun diketahui sudah diberi sanksi oleh Komisi SEA Games.

Jonathan dilarang untuk bermain di SEA Games seumur hidup setelah menunjukkan aksinya membuat medali dan boneka maskot.

"Asosiasi Sepak Bola telah mengeluarkan permintaan maaf publik atas insiden yang terjadi di final Sea Games 2023 di Kamboja. Jonathan Khemdee telah diberitahu Komisi Sea Games bahwa dirinya telah dilarang bermain di Sea Games selama sisa hidupnya setelah menunjukkan sikap yang tidak pantas dengan melempar maskot dan medali," tulis Admin CN.10 di Facebook pada Selasa (16/5/2023).

Atas kejadian itu pun sang bek profesional diketahui rehat dari laga internasional selama dua hingga 3 tahun kedepan.

Setelah viral, pemain keturunan Denmark itu akhirnya buka suara mengenai insiden pelemparan medali perak SEA Games 2023 yang dilakukannya. Jonathan mengaku tindakannya tersebut sebagai bentuk terima kasih


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0