Cadangan Daya Hingga 30 Persen, DPR Desak PLN Penuhi Kebutuhan Listrik Industri

Ida Farida
Feb 09, 2023

KOSADATA - Komisi VII DPR RI mendorong PT PLN (Persero) untuk memenuhi kebutuhan listrik industri dan bisnis baru. Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi VII DPR RI, Dyah Roro Esti dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Direksi PLN.

Hadirnya kawasan-kawasan industri baru di berbagai daerah akan menciptakan berbagai multiplier effect, termasuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Pemenuhan listrik bagi kawasan industri baru ini juga akan mendukung penyerapan listrik yang saat ini sedang mengalami kelebihan pasokan, khususnya di Pulau Jawa.

Dyah menyampaikan salah satu kawasan industri yang menjadi potensi adalah Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) di Gresik. Kawasan yang berdiri di lahan seluas 3.000 hektare (ha) ini, akan menjadi pusat industri yang terintegrasi dengan pelabuhan publik multifungsi, dan perumahan.

"Saya baru mengunjungi JIIPE, salah satunya meninjau progres pembangunan smelter milik Freeport. Kita melihat ini salah satu solusi untuk penyerapan listrik, terkhusus di wilayah Jawa yang memiliki kawasan industri. Di JIIPE ini, ada peluang besar untuk penyerapan listriknya. Saya juga sudah melihat," ujar Dyah dalam keterangan tertulis, Kamis (9/2/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Dyah juga sudah melihat pembangunan gardu induk dan pembangkit PLN di sekitar kawasan tersebut. Dirinya meminta agar PLN mengawal pembangunan infrastruktur tersebut agar dapat selesai tepat waktu.

"Saya mohon, karena ini ada multiplier effect yang didapat dari industri, agar dikawal pembangunan infrastruktur listrik pendukung smelter ini bisa selesai di tahun 2024. Ketika smelter beroperasi, listriknya siap," tambah Dyah.

Direktur Utama PLN,


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0