|

Diskon Tarif Tol 20% Periode Arus Balik Mulai Berlaku Pagi Ini

Dian Riski
Apr 27, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Diskon tarif tol 20% kembali diberlakukan pada periode arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444H/Lebaran 2023. Program diskon ini merupakan bentuk pelayanan serta apresiasi atas kerja sama pengguna jalan dalam sukseskan arus mudik sekaligus bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas pada periode arus balik.

Diharapkan, dengan diberlakukannya program diskon ini dapat menghindari penumpukan kendaraan pada waktu tertentu, terutama yang diprediksi menjadi puncak arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H, yaitu pada 30 April-1 Mei 2023 mendatang.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyebutkan, Jasa Marga berharap program diskon tarif tol ini dapat menjadi referensi untuk masyarakat dalam mengatur kembali jadwal perjalanan agar lebih nyaman.

Pemberlakuan diskon tarif ini juga disertai penerapan kebijakan pembatasan angkutan barang dan beberapa rekayasa lalu lintas (contraflow, one way, ganjil-genap) sehingga memaksimalkan distribusi lalu lintas.

”Diharapkan program diskon ini cukup menarik bagi masyarakat, selain mendapatkan keuntungan dengan menghemat pengeluaran, masyarakat juga dapat mengatur perjalanan yang lebih nyaman karena terhindar dari lonjakan arus lalu lintas di puncak arus mudik maupun balik yang berpotensi menimbulkan kepadatan. Bahkan pada arus balik ini, program diskon akan diberlakukan untuk perjalanan menerus dari Semarang hingga Jakarta,” ujar Lisye.

Jasa Marga dan Badan Usaha Jalan Tol lainnya akan memberlakukan diskon tarif 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa pada periode arus balik, yang semula hanya berlaku untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kini akan berlaku untuk perjalanan menerus dari Semarang s.d Jakarta, dengan melakukan tap in di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

“Diskon 20% untuk periode arus balik diberlakukan mulai hari ini, Kamis, 27 April 2023 sejak pukul 06.00 WIB tadi, hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB. Diskon untuk perjalanan menerus ini akan menempuh sejumlah ruas jalan tol yang tidak hanya dikelola oleh Jasa Marga, namun juga oleh BUJT lainnya, dimulai dari Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” ujar Lisye.

Besaran diskon tarif tol 20% untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta adalah menjadi sebagai berikut:

Kendaraan Golongan I: Semula Rp372.000 menjadi Rp297.600, diskon sebesar Rp74.400

Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp575.000 menjadi Rp499.200, diskon sebesar Rp75.800

Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp758.000 menjadi Rp655.600, diskon sebesar Rp102.400

Adapun khusus untuk di Jalan Tol Cikopo-Palimanan, diskon 20% hanya berlaku untuk kendaraan Golongan 1, sementara di ruas jalan tol lainnya berlaku untuk semua golongan kendaraan.

Sementara itu, Jasa Marga juga memberikan diskon 20% bagi pengguna jalan dari/menuju arah Bandung untuk tarif tol terjauh Jakarta-Cikampek di GT Kalihurip Utama yaitu sebesar Rp16.000 untuk kendaraan golongan I (semula Rp20.000).

Diskon tarif 20% di GT Kalihurip Utama untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek ini juga berlaku di periode yang sama dengan diskon tarif 20% di Jalan Tol Trans Jawa.

“Diskon ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan. Pastikan kecukupan saldo e-toll terutama untuk perjalanan menerus. Siapkan saldo e-toll minimal Rp500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekura