Erick Thohir Terbang ke Markas FIFA Bahas Keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20

Abdillah Balfast
Mar 29, 2023

KOSADATA- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir terbang ke markas FIFA di Zurich, Swiss pada Selasa (28/3/2023) malam. Adapun keberangkatan Erick Thohir untuk mencari titik terang usai keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia menuai polemik.

"Saya akan berangkat ke FIFA, salah satunya untuk berdiskusi apa yang baik walaupun kita tahu keputusan itu tidak bisa membuat bahagia kita semuanya. Tapi paling tidak kita harus mencari titik terang," kata Erick Thohir dalam acara 'Buka Puasa Bersama Tokoh Lintas Agama' di Hotel Borobudur, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa (28/3/2023).

Erick menilai sebagai pecinta olahraga, bahwa dengan olahraga bisa menjadi alat persatuan. Namun, terkadang olahraga menjadi alat politik.

"Tentu konteksnya saya sebagai orang yang cinta olahraga, bahwa olahraga sebuah alat persatuan yang tentu kadang-kadang debatnya apakah olahraga sebagai persatuan itu bisa juga dikategorikan yang namanya alat politik," ucapnya.

"Kalau kita melihat konteks olahraga dengan politik kita bisa melihat bagaimana bendera dikibarkan ada dua hal karena kedatangan presidennya pimpinannya atau tim olahraganya juara," tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia menetapkan enam provinsi sebagai venue pertandingan yaitu DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Kendati demikian, gelombang penolakan terhadap negara yang terletak di ujung timur laut Mediterania itu muncul jelang Kick Off Piala Dunia U-20. Salah satu kepala daerah yang turut menolak kehadiran Israel adalah Gubernur Bali, Wayan Koster; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hingga Mantan Ketua PBNU, Said Aqil Siradj.

Penyelenggaraan Piala Dunia Sepak bola FIFA U-20 Tahun 2023, direncanakan berlangsung pada 20 Mei - 11 Juni


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0