|

Galakan Urban Farming, Istri Heru Budi Tanam 10 Ribu Bibit Cabai dan Terong

Ida Farida
January 24, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Istri Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Mirdiyanti bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melakukan penanaman 10.000 bibit terong dan cabai di Jakarta. Mirdiyanti yang merupakan Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi DKI Jakarta menyalurkan bibit terong dan cabai itu kepada masyarakat di enam wilayah kota dan satu kabupaten.

Penyerahan simbolis bibit tanaman ini berlangsung di RW 09 Kelurahan Karet Tengsin, yang dilakukan  Mirdiyanti; dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad, Uli Simanjuntak.

Mirdiyanti mengatakan, kondisi perubahan iklim turut menghambat produksi pertanian, peternakan dan perikanan yang akan memicu berkurangnya ketersediaan pangan di kota ini. Oleh sebab itu, sistem pertanian perkotaan (urban farming) perlu digalakkan untuk menciptakan ketahanan pangan.

"Alhamdulillah dengan bibit cabai dan terong ini ada sedikit penghijauan dengan urban farming. Urban farming ini juga sekaligus solusi penambahan ruang terbuka hijau," ujar Mirdiyanti dalam keterangan tertulis, Selasa (24/1/2023).

Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta menerima bantuan 1.875 bibit terong dan cabai dari Persit Kartika Candra Kirana. Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad, Uli Simanjuntak mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang telah bersama-sama bersinergi dalam menjaga ketahanan pangan. Harapannya, bibit ini dapat berkontribusi terhadap inflasi di DKI Jakarta.

"Kalau kita bergotong-royong, kita bisa menciptakan ketahanan pangan sesuai amanah dari Presiden Republik Indonesia," kata Uli.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati, menambahkan, totalnya akan ada 10 ribu bibit tanaman, yang terdiri dari tanaman terong dan cabai yang akan diberikan kepada warga Jakarta secara bertahap. 

"Bibit cabai dan terong yang diserahkan kepada masyarakat ini, diharapkan dapat mengurangi inflasi di DKI Jakarta, terutama menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang. Dengan semangat gotong royong, kita bisa menciptakan ketahanan pangan bersama," tuturnya. 

Kegiatan ini juga dihadiri, Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad; Wali Kota Jakarta Pusat; Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat; Camat Tanah Abang; Lurah Karet Tengsin; Lurah Duren Sawit; dan Ketua TP PKK Tingkat Kota se-DKI Jakarta.***

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News