Gandeng Tokyo University dan Kyushu University, Pertamina Siapkan SDM Unggul

Ida Farida
May 30, 2023

KOSADATA - PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk menjalankan transisi energi. Untuk itu, pihaknya melalui Universitas Pertamina menggandeng dua universitas terkemuka Jepang, yakni Tokyo University dan Kyushu University. 

 

"Maka journey berikutnya adalah mempersiapkan SDM dan memperkuat research and development untuk transisi energi. Salah satu inisiatifnya adalah membangun sustainability academy di Universitas Pertamina dan membangun kerja sama dengan global university. Kerja sama Universitas Pertamina dengan Tokyo University & Kyushu University merupakan bagian dari rencana tersebut," ujar Direktur Utama Pertamin, Nicke Widyawati di Jakarta, Selasa (30/5/2023).

 

Perempuan asal Tasikmalaya itu menyambut baik penandatanganan kerja sama tersebut, yang berlangsung di sela kegiatan Nikkei Forum 28th di Tokyo Jepang. Menurutnya, pencetakan SDM unggul itu sejalan dengan upaya Pertamina meningkatkan peringkat ESG (Environmental, Social and Governance). 

 

Dari peringkat 41,6 (severe) pada tahun 2021, kemudian naik menjadi 28,1 (medium) dan pada Oktober 2022 naik menjadi 22,1 (medium). Dengan skor tersebut, saat ini ESG Pertamina berada di urutan ke-2 dunia dalam kategori integrated oil and gas company berdasarkan peringkat Sustainalytics.

 

Nicke menambahkan, kehadiran Pertamina dalam forum prestisius Nikkei Forum tersebut adalah bentuk dukungan sekaligus motivasi bagi perusahaan untuk terus menjalankan inisiatif dalam memproduksi energi bersih di Indonesia.

 

Pada forum internasional tersebut, Nikkei Forum menghadirkan banyak pembicara kelas global, pemimpin pemerintahan, pebisnis dan akademisi di Asia Pasifik, termasuk Pertamina. Isu yang dibahas adalah peran dari negara Asia untuk dunia. 

 

Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha Pertamina Salyadi Saputra, pada Nikkei Forum, menjelaskan komitmen Pertamina dalam


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0