|

Garap Proyek IKN Nusantara, Demokrat Desak Adhi Perluas Penciptaan Lapangan Kerja

Peri Irawan
January 21, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Melani Leimena Suharli mendesak PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) untuk memperluas penciptaan lapangan kerja. Terlebih, Adhi Adhi Karya berhasil menggarap 4 kontrak pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sehingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya terpercaya yang bisa membangun negeri di seluruh pelosok Indonesia.

"Sebagai BUMN Konstruksi dengan kredibilitas yang kuat di Indonesia, Adhi Karya telah dipercaya mendapatkan tanggung jawab sebagai kontraktor yang turut berkontribusi dalam pembangunan IKN yang akan menjadi magnet pertumbuhan ekonomi baru sehingga tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa semata," ujar Melani, di Jakarta, Sabtu (21/3/2022).

Dalam pembangunan IKN ini, Adhi Karya mendapatkan proyek pembangunan 22 Tower untuk Hunian Pekerja Konstruksi IKN, Pelindung Fender Jembatan Pulau Balang, Jalan Tol Seksi 3A Segmen Karangjoang-KTT Kariangau, hingga Rumah Tapak Kedinasan di
IKN Nusantara.

Dalam sosialisasi bertajuk 'BUMN Karya Memberikan Kontribusi Terhadap Pembangunan IKN' bersama anggota DPRD DKI Jakarta, Ali Muhammad Johan, Anggota Komisi VI DPR itu menegaskan, pembangunan IKN Nusantara merupakan simbol identitas bangsa, green economy, green energy, smart transportation, dan tata kelola pemerintahan yang efesien dan efektif sebagai milestone transformasi besar bangsa Indonesia.

"Kalimantan adalah energi masa depan, energy or the future. Semua produk galian tambang ada di sana. Sebut saja besi, migas, batubara, emas, nikel, dan intan. Kalimantan juga kaya dengan produk pertanian, seperti kopi dan sawit, sampai kepada sungai besar di Kalimantan Utara yang dapat menghasilkan PLTA. Kalimantan menyimpan energi masa depan yang indah," katanya.

Untuk itu, Lanjut Melani, kontribusi Adhi Karya dalam pembangunan IKN turut merepresentasikan konsep kesatuan yang mengakomodasi kemajemukan Indonesia. Realitas kekayaan kemajemukan Indonesia, tegas Melani, menjadi modal sosial memajukan kesejahteraan rakyat, demi Indonesia maju, tangguh, dan berkelanjutan.

"Dengan adanya penambahan pekerjaan dalam proyek pembangunan IKNil itu, saya harapkan, Adhi Karya bisa meningkatkan Kinerja Perusahaan, meningkatkan value sebagai kontraktor yang dipercaya untuk turut membangun Negeri," tegasnya.

Dengan adanya peningkatan kinerja perusahaan, Wakil Ketua MPR RI Periode 2009-2014 itu meyakini Adhi Karya bisa memberikan manfaat bagi Pemerintah, Negara dan Masyarakat, salah satu nya, melalui Peningkatan PDB/PDRB, Penambahan Lapangan Kerja, Peningkatan Pajak dan Dividen.

"Dampak lain yang dapat dirasakan juga adalah konektivitas wilayah. Karena salah satunya, Adhi Karya juga menggarap Tol Seksi 3A Segmen Karangjoang-KTT Kariangau yang bisa mempercepat konektivitas wilayah dan distribusi barang yang semakin lebih mudah dan cepat. Tentu, pembangunan tol ini juga dapat menghasilkan multiplier effect salah satunya, penyerapan tenaga kerja di daerah sekitar pembangunan," tandasnya. ***

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News