Gelar Banyak Pasar Murah, Inflasi Jakarta Lebih Rendah Dari Nasional

Ida Farida
Feb 07, 2023

KOSADATA - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jakarta memastikan inflasi DKI Jakarta pada Januari 2023 tercatat sebesar 3,83% (yoy), lebih rendah dibandingkan inflasi nasional (5,28%, yoy) dan Provinsi lainnya di Jawa. Salah satu penyebab terjaganya inflasi di Jakarta ini adalah banyaknya pasar murah yang digelar di Jakarta.

"Selama Januari 2023, TPID Provinsi DKI Jakarta telah melakukan berbagai kegiatan pengendalian inflasi antara lain, pelaksanaan kegiatan pasar murah di 44 titik oleh PT Food Station Tjipinang Jaya dan kegiatan Bulog Divre Jakarta-Banten Goes to Rusun dan Kelurahan sepanjang Januari 2023," ujar Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jakarta, Arlyana Abubakar, dikutip Selasa (7/2/2023).

Diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi DKI Jakarta pada Januari 2023 tercatat sebesar 0,09% (mtm), lebih rendah dari bulan sebelumnya sebesar 0,55% (mtm).

Laju inflasi DKI Jakarta yang rendah tersebut, ungkapnya,  tidak terlepas dari hasil koordinasi dan langkah-langkah yang dilakukan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta termasuk dalam rangka implementasi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

"Kunjungan ke Pasar Induk Beras Cipinang dalam rangka memperkuat kolaborasi TPID DKI Jakarta, Rapat Koordinasi Nasional TPID se-Indonesia bersama Presiden pada 17 Januari 2023, hingga Capacity building dalam rangka penguatan program TPID tahun 2023 dan penyusunan Laporan Tahunan TPID 2022," katanya.

Tak kalah penting, pihaknya juga melakukan koordinasi monitoring dan evaluasi beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) oleh Perum Bulog Divre Jakarta dan Banten. Kemudian rapat koordinasi PT Food Station Tjipinang Jaya dengan pedagang beras PIBC dalam rangka menjaga stabilitas harga beras Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang didistribusikan pada 27 Januari 2023.

Diakuinya, tekanan


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0