Genjot perekonomian nasional, PLN dan Pemkot Jambi kembangkan kawasan ELSA

Ida Farida
Feb 14, 2023

KOSADATA - PT PLN (Persero) bersama Pemerintah Kota Jambi melakukan transformasi Kawasan Monumen Keris Siginjai di Kota Jambi menjadi Electrifying Lifestyle Area (ELSA). Kawasan ELSA merupakan sentra usaha mikro dan kecil (UMK) berbasis gaya hidup kelistrikan, dimana seluruh pedagang menjual peralatan kelistrikan yang didukung oleh program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN.

Aprizal, penerima bantuan TJSL dari PLN di wilayah ELSA dan penjual minuman tebu, mengaku penghasilannya naik dua kali lipat sejak beralih ke penggiling listrik.

“Berkat penggunaan alat elektronik, biaya produksi kini jauh lebih hemat, sehingga berkat bantuan PLN keuntungan bisa berlipat ganda,” ujar Aprizal dalam keterangan tertulis, Selasa (14/2/2023).

Diresmikan oleh Walikota Jambi, Syarif Fasha, kawasan ELSA tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga mampu meningkatkan pendapatan UMK. Fasha menyampaikan terima kasih kepada PLN atas kepeduliannya terhadap UMK di Jambi yang menghadirkan area ELSA. Fasha yakin ELSA akan menjadi kawasan favorit masyarakat dengan gaya hidup elektrik untuk mendukung energi hijau.

“Energi fosil pasti akan berkurang dari waktu ke waktu, sehingga sangat penting kita mulai beralih ke energi listrik. Dengan adanya ELSA, Kota Jambi sebagai Smart Green City akan semakin terwujud,” ujar Fasha.

Fasha berharap kawasan ELSA Tugu Keris Siginjai tetap hidup dengan semakin memperkuat UMK yang sudah ada melalui Paguyuban Tugu Keris Siginjai. Saat itu, selain peresmian ELSA, Pemerintah Kota Jambi menganugerahi penghargaan kepada PLN UP3 Jambi tahun 2022 sebagai perusahaan yang paling peduli UMKM di Kota Jambi.

Sementara itu, General Manager PLN


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0