|

Halte Kapal Pesiar Bundaran HI Tak Beri Kenyamanan Pengguna Transjakarta

Admin Kosadata
Dec 30, 2022
0
1 minute

 

Kosadata.com - Halte Kapal Pesiar di Bundaran Hotel Indonesia menjadi daya tarik sendiri dal menikmati cityscape kota Jakarta. Namun, halte  ini dinilai tidak memberikan kenyamanan bagi pengguna Transjakarta.

"Halte Kapal Pesiar bahkan sama sekali tidak beri tambahan keamanan dan kenyamanan pengguna (Transjakarta)," ujar Direktur Rujak Center for Urban Studies, Elisa Sutanudjaja dalam cuitannya, Minggu (27/11/2022).

Pasalnya, kata Elisa, lebar halte Kapal Pesiar ini tidak berubah. Hanya menambah panjang dengan satu sisi akses keluar. Bahkan, ucapnya, beberapa bagian halte bertambah sempit karena bagiannya digunakan untuk membangun tangga ke lantai 2.

"Lebar halte relatif tidak berubah:  - cuma nambah panjang dgn 1 sisi exit serta beberapa bagian di halte yang sudah sempit harus disunat untuk tangga ke lantai 2. Pdhal halte tosari sering padat," kata Elisa.

Halte Kapal Pesiar ini dibangun PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan menambah fasilitas anjungan di lantai 2. Anjungan tersebut diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sehari sebelum habis masa jabatannya.

Menurutnya Anies Baswedan, halte bus ini menjadi unik karena memfasilitasi berbagai kegiatan. Pertama, transfer antarpenumpang karena di sini merupakan salah satu halte yang paling banyak rute TJ-nya dan di sini juga pemberhentian penumpang yang naik dari kawasan bundaran HI. Di bawahnya terintegrasi MRT.

Lalu, di bagian atasnya dipakai aktivitas penjualan barang kebutuhan orang yang memiliki mobilitas. Anjungan di halte ini bisa menjadi tempat untuk menikmati kawasan bundaraan HI dari ketinggian.

Gubernur Anies menerangkan bahwa menikmati suasana kawasan Bundaran HI dari ketinggian kebanyakan hanya bisa dengan mengakses hotel, kafe atau restoran di sekitaran Bundaran HI, dalam hal ini mereka yang secara sosial-ekonomi kuat.

Maka dari itu, Pemprov DKI Jakarta ingin agar suasana kesetaraan itu hadir saat menikmati kawasan Bundaran HI dari atas dengan memberikan akses untuk semua kalangan.***

Simak ulasan KOSADATA lainnya pada Google News.

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News