Hapus Stigma Angker, DPRD DKI Minta Distamhut Percantik TPU Rorotan Jakut

Abdillah Balfast
Feb 18, 2023

KOSADATA - Komisi D DPRD Provinsi DKI Jakarta meminta Dinas Pertamanan dan Kehutanan (Distamhut) menjadikan taman pemakaman umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara lebih estetik. Diharapkan dengan upaya tersebut dapat menghapus stigma angker TPU milik Pemprov DKI Jakarta.

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah menyebut estetika dapat diwujudkan dengan pembangunan taman kota di area seluas 25 hektar itu. Diketahui tiga hektar dari luas lahan telah digunakan sebagai pemakaman pasien Covid-19.

“Selama ini kan masyarakat Indonesia berpikirnya pemakaman itu angker. Makam itu menyeramkan. Kenapa sebagian lahannya tidak digunakan buat taman yang lebih bagus lagi. Coba itu dibuat, dikaji,” kata Ida dalam keterangannya dikutip, Jumat (17/2/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Bayu Megantara mengapresiasi masukan dan saran Komisi D DPRD DKI Jakarta. Ia mengatakan, secara prinsip, area Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan itu direncanakan untuk penambahan lahan TPU di Jakarta. 

“Prinsipnya kan lahan itu untuk pemakaman. Sekarang ini kan dalam proses perencanaan pembangunan nanti kita akan diskusikan dulu dengan masyarakat sekitar,” ucap Bayu.(***)

Related Post

Post a Comment

Comments 0