Heru Budi Ingin Wujudkan Jakarta Kota Berketahanan dan Berkelanjutan

Yan Aminah
May 29, 2024

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Foto: PPID Jakarta

KOSADATA - Kota Jakarta terpilih menjadi tuan rumah Konferensi Manajemen Krisis (Crisis Management Conference/CMC) 2024. Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyambut hangat para delegasi dari berbagai kota dunia yang hadir pada 29-30 Mei 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Heru Budi Hartono menegaskan, Jakarta harus menjadi kota berketahanan dan berkelanjutan. Terlebih, Jakarta berada di delta dan jalur cincin api Pasifik yang rentan atas risiko terhadap bencana alam, seperti banjir dan gempa bumi.

“Kami terus berupaya menjadikan ketahanan dan pengurangan risiko bencana sebagai bagian dari perencanaan pembangunan perkotaan, serta mengalokasikan dana untuk rencana darurat,” ujar Heru dalam sambutannya.

Hal ini seperti tertuang dalam Rencana Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta 2023-2026 yang menekankan pada terwujudnya regenerasi kota yang berketahanan dan berkelanjutan. Untuk mendukungnya, Jakarta telah menerapkan Rencana Pembangunan Rendah Karbon dan Rencana Penanggulangan Bencana.

Lebih lanjut, Heru Budi mengingatkan, kondisi geografis kota Jakarta merupakan dataran rendah dengan rata-rata ketinggian tujuh meter di atas permukaan laut yang dilintasi 13 sungai menuju muara di Laut Jawa. Wilayah pesisir utara Jakarta relatif lebih rendah, sehingga rentan rob dan hujan ekstrem.

“Pada pertemuan ini, diharapkan agar apa yang sudah dilakukan Jakarta dapat menjadi inspirasi bagi kota-kota lainnya, serta Jakarta juga dapat belajar dari kota-kota lain. Sehingga konferensi ini memicu pertukaran best practices dan kerja sama antarkota dunia demi bumi sebagai rumah yang layak huni bagi kita semua,” imbuhnya.

Konferensi ini juga dihadiri oleh Tenaga Ahli Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia,


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0