Hijaukan Sisi Tol Bandara Soetta, Heru Budi Ingin Percantik Kawasan Pergudangan Pluit

Ida Farida
Feb 02, 2023

KOSADATA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri kegiatan penataan kawasan pergudangan Pluit, di sisi Tol Bandara Soekarno-Hatta (Soeta), Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Ratusan pohon dan tanaman hias seperti Spathodea, Flamboyan, dan Tabebuya ditanam untuk memperindah lahan sisi tol sekaligus penataan menjelang KTT ASEAN 2023.

Dalam kesempatan ini, Pj. Gubernur Heru mengapresiasi kegiatan penghijauan ini sebagai upaya untuk menghadirkan lebih banyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) di DKI Jakarta. Hal ini merupakan komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam memenuhi target ketersediaan RTH sebesar 30 persen pada 2030.

"Saya sampaikan apresiasi kepada Pemkot Jakarta Utara, Dinas Sumber Daya Air (DSDA), dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) serta jajarannya yang telah mengupayakan pelaksanaan penanaman pohon dan penataan kawasan, untuk memenuhi kebutuhan RTH sekaligus memperindah wilayah Pejagalan. Jadi ini di sepanjang jalan (pergudangan) yang kita beautifikasi kurang lebih sepanjang 1 kilometer sampai 1,5 kilometer, yang tadinya di tempat kita berdiri ini adalah tempat kurang tertata jika dilihat dari jalan tol," ujar Heru di lokasi, Kamis (2/2/2023).

Heru juga menjelaskan, penanaman pohon di sepanjang jalur tol adalah sebuah pembuktian bahwa keterbatasan lahan tidak menjadi penghambat bagi upaya penghijauan di Jakarta. Bahkan, berbagai aset milik Pemerintah Daerah pun dapat dimanfaatkan untuk penambahan RTH, demi menurunkan emisi karbon, sehingga memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

"Semoga kegiatan penanaman pohon dan penataan kawasan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan serta konsisten di wilayah lain, sehingga kualitas udara dan kelestarian lingkungan di Jakarta semakin baik serta berkontribusi pada pencapaian target penurunan emisi karbon," jelasnya.

Selain itu, Heru berharap pula, penataan kawasan


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0