Inovatif Wujudkan Transisi Energi, Darmo Sabet Penghargaan

Ida Farida
Feb 23, 2023

KOSADATA - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyabet penghargaan dengan kategori Innovation Leader in Implementation Energy Transition dalam ajang Indonesia Best Electricity Award (IBEA) 2023, yang digelar di Jakarta pada Rabu (22/2). Penghargaan diberikan kepada pria yang akrab disapa Darmo itu karena berhasil membawa PLN menjadi leading sector dalam transisi energi di Indonesia.

Ketua Dewan Juri IBEA 2023, Tumiran menyebut Darmo merupakan sosok pemimpin yang konsisten mengawal transisi energi di Indonesia. Menurutnya, di tangan Darmo, PLN menjadi perusahaan pertama yang mendeklarasikan diri berkomitmen dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) 2060.

"Leadership yang dimiliki membawa perubahan dan kinerja perusahaan kekinian. Sejumlah inovasi di bidang kelistrikan dan energi dilakukan. Pemikirannya jauh ke depan, terutama terkait transisi, strategi energi untuk masa depan perusahaan dan bangsa," ungkap Tumiran.

Tumiran juga berharap dengan penghargaan ini dapat memacu setiap perusahaan terus melakukan inovasi dan perubahan berkelanjutan. Dengan begitu, dapat meningkatkan sektor industri kelistrikan di Indonesia.

"Harapannya setelah diumumkan ada kebanggaan dari masing masing perusahaan ini untuk percaya diri melakukan perubahan yang berkelanjutan, sehingga menjadi lebih baik bagi perusahaan industri kelistrikan di Indonesia," ujar Tumiran.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto mengatakan, perlunya upaya inovatif untuk menjaga ketahanan energi di Indonesia.

"Bangsa Indonesia dituntut untuk terus berpikir inovatif maka forum-forum semacam ini menjadi penting, bagaimana kita lantas terus melakukan inovasi agar Indonesia tetap punya ketahanan energi yang tangguh yang affordable mudah dan murah secara harga," ujar Sugeng.

Sugeng juga mengakui sinergitas antara DPR, Pemerintah dan PLN berjalan sangat


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0