Jadi Kampus Sehat Tingkat ASEAN, Rektor UGM Beberkan Kunci Bahagiakan Civitas

Isma Nanik
Feb 22, 2023

KOSADATA - Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjadi kampus sehat yang diakui ditingkat ASEAN. Hal ini tercermin dalam skor lima bintang pada Healthy University Rating System (HURS) 2022 dari ASEAN University Network-Health Promotion Network (AUN-HPN).

"Capaian ini adalah sebuah bukti praktis bahwa UGM ingin mewujudkan kehidupan kampus yang membahagiakan bagi civitasnya," ujar Rektor UGM, Ova Emilia dilansir dari laman UGM, Rabu (22/2/2023).

Ova menuturkan usaha tersebut hanya dapat dijalankan dengan melibatkan seluruh elemen universitas. UGM juga berharap dapat mengajak kampus lain untuk menjalankan kegiatan serupa sehingga atmosfer akademik kampus menjadi lebih sehat secara utuh.

"Saya bangga atas kerja sama dan kegigihan tim HPU untuk mewujudkan kampus sehat ini," katanya.

Sementara Ketua Health Promoting University (HPU) UGM, Yayi Suryo Prabandari, menyampaikan atas capaian menjadi top star pada HURS 2022, UGM diundang untuk menjadi reviewer HURS dan membagikan praktik baik menjadi kampus sehat di hadapan universitas anggota AUN-HPN pada bulan Agustus 2023 mendatang.

“AUN-HPN merupakan jaringan kerja sama akademik regional antara pakar kesehatan, praktisi kesehatan, dan perguruan tinggi untuk mempromosikan peran perguruan tinggi dalam mempromosikan gaya hidup sehat melalui pendekatan promosi kesehatan. Skor lima bintang HURS 2022 diberikan AUN-HPN kepada UGM karena dinilai memiliki kebijakan dan praktik yang komprehensif untuk menjadi kampus sehat,” ungkapnya.

Yayi menjelaskan penilaian dalam HURS 2022 dilakukan terhadap 22 kategori dalam


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0