Jokowi Optimis Istana Kepresidenan di IKN Rampung Sebelum Dirinya Lengser

Bambang Widodo
Feb 24, 2023

KOSADATA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis pembangunan kawasan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur  (Kaltim) rampung pada Agustus 2024 mendatang atau sebelum dirinya lengser pada Oktober 2024 nanti.

“Saya hanya ingin menyampaikan sebuah optimisme bahwa Ibu Kota Nusantara ini telah dimulai pembangunannya, baik infrastruktur, baik berupa nanti kantor, dan ini rumah menterinya,” ujar Presiden Jokowi melalui keterangan tertulis, dikutip Jum'at (24/2/2023)

Hal itu, didasari oleh perhitungan secara mendalam yang telah dilakukan oleh sejumlah pihak yang terlibat dalam pembangunan kawasan Istana Kepresidenan di Kaltim. Dari mulai perancang, pelaksana, supervisi, dan manajer lapangan. 

“Saya tanya semuanya optimistis. Insyaallah selesai,” kata Presiden. 

Secara umum, proyek pembangunan IKN  akan memakan waktu pembangunan 10 hingga 15 tahun mendatang. Lamanya waktu pembangunan itu, disebabkan oleh luasnya  pembangunan kawasan-kawasan yang nantinya menjadi bagian yang penting dari ibu kota baru.

Salah satu infrastruktur yang telah dimulai pembangunannya adalah perumahan untuk para menteri. Presiden memberikan target bahwa pembangunan 36 rumah menteri tersebut harus selesai pada Juni 2024 mendatang.

“Jadi kalau ada yang masih ragu-ragu, di lapangannya sudah bergerak seperti ini,” tutur Presiden.

Menandai selesainya pembangunan kawasan Istana Kepresidenan, adalah dilakukannya upacara Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024. Kegiatan itu, akan menjadi kegiatan pertama yang akan diselenggarakan di lokasi tersebut, tepat setelah pembangunan.  

“Memang kita ada target 17 Agustus 2024 ada upacara bendera di Ibu Kota Nusantara,” ucap Presiden.

Adanya peringatan itu, tentunya dapat menarik masyarakat dari berbagai daerah untuk melakukan berbagai kegiatan produktif di IKN. Sehingga, kegiatan itu dapat mengakselerasi pembangunan IKN dalam beberapa waktu mendatang. 

“Kalau ada Keramaian itu perlu sekolah,


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0