Kemenhub Bidik 151 Pelabuhan Implementasikan Inaportnet

Dian Riski
Feb 17, 2023

KOSADATA - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan terus berupaya melakukan perbaikan pelayanan melalui percepatan digitalisasi Pelabuhan, salah satunya melalui aplikasi inaportnet, dimana saat ini aplikasi inaportnet telah terimplementasi pada 109 pelabuhan.

Pada tahun 2023, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan mengimplementasikan sistem Inaportnet di 151 Pelabuhan, sehingga pada akhirnya diharapkan seluruh Pelabuhan di bawah Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah terimplementasi sistem Inaportnet dan dapat meningkatkan pelayanannya secara digitalisasi. 

Dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia khususnya petugas yang menangani sistem Inaportnet di pelabuhan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar Training Of Trainer (TOT) updating materi terkait sistem Inaportnet.

“Sebelumnya saya ucapkan selamat atas terpilihnya Bapak/Ibu menjadi peserta Training Of Trainer (TOT) Updating Materi Inaportnet Tahun 2023, semoga dengan mengikuti kegiatan ini dapat lebih meningkatkan kemampuan Bapak/Ibu dalam memahami sistem Inaportnet dan dapat menerapkannya dalam pengelolaan layanan kapal di pelabuhan yang lebih baik lagi,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha.

Arif mengatakan bahwa Ia perlu mempersiapkan sumber daya manusia untuk melakukan transfer knowledge kepada para petugas pelaksana di Pelabuhan agar petugas semakin berkualitas, berintegritas dan cekatan.

“Bapak/Ibu para peserta pelatihan dipilih berdasarkan waktu pengalaman sebagai penanggung jawab aplikasi, terlibat aktif dalam memberikan inputan pada aplikasi, serta berperan langsung pada pelayanan di Pelabuhan,” tuturnya.

Selain itu, Ia juga menjelaskan dengan adanya penerapan inaportnet maka diharapkan semakin memperkuat penerapan Nasional Logistik


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0