Kenali Ciri-ciri Kurma Sudah Tidak Layak Konsumsi

Abdillah Balfast
Apr 04, 2023

KOSADATA - Kenali ciri-ciri kurma yang sudah tidak layak dikonsumsi. Kurma dapat dimakan segar, tetapi paling sering dikonsumsi setelah dikeringkan karena rasanya yang manis seperti permen.

Penelitian di Journal of Family & Community Medicine mengunngkapkan, kurma mengandung banyak gula yang menjadi lebih pekat setelah dikeringkan. Selain dikonsumsi secara langsung, kurma biasanya digunakan untuk mempermanis kue, puding, dan bahan resep salad. Tapi seperti produk buah atau sayuran lainnya, kurma memiliki tanggal kadaluarsa. 

Sementara itu, Fruits & Veggies menegaskan, kurma segar yang dibeli harus diperiksa jamurnya. Namun umumnya, kurma segar bisa bertahan hingga enam bulan di lemari es dalam wadah tertutup dan tetap beku selama setahun penuh.

Kurma kering dapat disimpan di dapur selama enam bulan, di lemari es dua kali lebih lama, dan dibekukan hingga tiga tahun. Kurma bertahan untuk waktu yang sangat lama ketika dikeringkan karena kekurangan air membuat kurma cenderung tidak berjamur. 

Penting untuk mengetahui ciri-ciri kurma sudah tidak layak dikonsumsi. Berikut ulasannya dilansir dari Tasting Table, Selasa (4/4/2023).

1. Perubahan Warna

Kurma yang tidak layak dikonsumsi biasanya akan terjadi perubahan. Perubahan warna atau jamur tidak hanya di bagian luar, tetapi juga di bagian dalam buah.

2. Aroma Busuk

Gunakan indra penciuman Anda untuk mengetahui aroma kurma. Jika muncul aroma busuk yang kuat, sebaiknya segera buang buah ini dan jangan mengonsumsinya.

3. Muncul Serangga

Serangga akan muncul di kurma jika sudah tidak layak dikonsumsi. Seperti cacing karena rasa manis buah ini. Untuk menghindari menyantapnya, sebaiknya potong dan belah dua


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0