Lima Partai Non Koalisi Perubahan Ikuti Sekolah Caleg Muda Turun Tangan

Admin Kosadata
Mar 04, 2023

KOSADATA - Sejumlah generasi muda yang menjadi Bakal calon legislatif (bacaleg) mengikuti sekolah Caleg Muda yang digelar Gerakan Turun Tangan di Jakarta Selatan. Tidak hanya dari Partai Koalisi Perubahan (NasDem, Demokrat dan PKS), Sekolah Caleg Muda ini juga diikuti lima partai lainnya.

"Program bootcamp Caleg ini diikuti 20 peserta dari berbagai partai politik; Nasdem, PKS, Golkar, PDIP, Demokrat, PPP, PAN, dan Gelora," ujar Project Manager Caleg Muda, Fauzan Sukry dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/3/2023).

Gerakan Turun Tangan merupakan salah satu program yang digagas Bakal Calon Presiden 2024, Anies Baswedan jauh sebelum Anies dipercaya menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Gubernur DKI Jakarta. Pada program sekolah Caleg Muda ini, para peserta nantinya bakal menerima materi terkait aspek wawasan dan juga skillset politik.

"Aspek wawasan mengacu pada pengetahuan tentang Pemilihan Umum (Pemilu) alias ke-pemilu-an. Sementara skillset mengacu pada peningkatan kemampuan teknis dalam memenangkan Pemilu," kata Fauzan.

Sekolah Caleg Muda ini juga akan diisi dengan materi kepemimpinan, peran fungsi legislasi, sistem demokrasi di Indonesia, dan strategi pemenangan. Bahkan, akan mendapatkan dukungan dari para relawan sosial politik yang sudah diseleksi dan dilatih sesuai dengan gagasan dan nilai Turun Tangan.

Menurutnya, program sekolah Caleg Muda ini diapresiasi oleh masyarakat dan diikuti secara antusias oleh peserta. Kurang lebih ada 111 Calon Legislatif (Caleg) muda yang berminat dan mendaftar dalam program ini. Namun, pihaknya menyeleksi sebanyak 20 peserta untuk diikutkan dalam tahap pelatihan (training).

"Teknisnya, pasca training para peserta akan mengikuti tahap coaching. Yang jelas, program Caleg Muda ini merupakan sebuah sekolah politik alternatif. Berbeda dengan sekolah politik


1 2
Post a Comment

Comments 0