Listrik Desa Menyasar 100 Desa dan 130 Dusun di Jateng-DIY

Ida Farida
Mar 16, 2023

KOSADATA – PT PLN (Persero) berhasil merealisasikan program listrik desa melalui penyerapan Penyertaan Modal Negara untuk 100 desa dan 130 dusun di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta-Jawa Tengah sepanjang hingga tahun 2023.

Program listrik desa (lisdes) ini merupakan bentuk kehadiran negara untuk menghadirkan listrik di desa 3T (tertinggal, terdepan, terluar) dan mewujudkan energi berkeadilan.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan pihaknya akan terus mendukung program pemerintah untuk terus menghadirkan listrik ke seluruh nusantara khususnya di wilayah 3T.

"Ini adalah wujud nyata hadirnya negara dalam mewujudkan energi listrik yang berkeadilan. Masyarakat yang berada di pelosok desa terpencil memiliki hak yang sama untuk menikmati energi listrik. Untuk itu, PLN akan terus berupaya mewujudkannya," ujar Darmawan dalam keterangan pers, Kamis (16/3/2023).

Kepala Subdirektorat Kekayaan Negara Dipisahkan (KND) III Kementerian Keuangan RI, Sri Yuwono Hari Sarjito, dalam kunjungan evaluasi penggunaan dana PMN di perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulonprogo menyampaikan bahwa Kementeriannya berharap dana PMN yang diberikan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

“Tentunya pemerintah berkomitmen bahwa seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati listrik, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Untuk itu pemerintah memberikan PLN dana PMN dan menugaskan untuk melakukan pembangunan infrastruktur kelistrikan dengan program listrik pedesaan," ujar Sri Yuwono.

Sebelumnya, PLN menerima suntikan PMN dari Pemerintah di tahun 2021 untuk meningkatkan kemampuan perseroan membangun infrastruktur ketenagalistrikan. Termasuk diantaranya membiayai proyek distribusi dan pembangkit energi baru terbarukan (EBT) untuk menunjang Program Lisdes PLN.

Dalam kesempatan yang sama, Executive Vice President (EVP) Keuangan Korporat


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0