Mandek Era Anies, Enam Bulan Mobilitas Heru Tinggi Urus Banjir dan Macet

Isma Nanik
Mar 16, 2023

KOSADATA - Forum Warga Kota (Fakta) Jakarta menilai, mobilitas Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sangat tinggi di Ibu Kota karena mengurus persoalan banjir dan kemacetan warisan pejabat sebelumnya.

Apalagi Heru juga mengemban amanah sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) RI, sehingga dia memiliki kewajiban melayani Presiden Jokowi dalam menjalani tugas kenegaraan.

“Pak Pj Gubernur Heru bolak-balik mengerjakan tugasnya yang harus diselesaikan. Misalnya bolak-balik ke lapangan, kampung, dinas dan kementerian untuk menyelesaikan pelayanan serta fasilitas publik,” ujar Ketua Fakta, Azas Tigor Nainggolan kepada wartawan, Rabu (15/3/2023).

Selama enam bulan menjabat sebagai kepala daerah, kata Tigor, Heru sering blusukan ke kampung-kampung terutama yang rentan dihantam banjir. Bahkan dia menjalin komunikasi yang intens dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk menyelesaikan persoalan banjir.

Salah satu program yang tengah menjadi prioritas adalah proyek lanjutan normalisasi Sungai Ciliwung dan sodetan ke Kanal Banjir Timur (KBT). Kedua proyek ini, ujar Tigor, sempat mandek di era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (2017-2022).

“Jadi Heru ini mengerjakan apa yang tidak dikerjakan oleh Anies. Dia (Anies) kan bilangnya mau naturalisasi, rupanya nggak jalan-jalan akhirnya Heru yang mengeksekusi lewat normalisasi dan sodetan Sungai Ciliwung,” ucap Tigor.

“Sekarang sudah mulai ganti rugi lahan (pembebasan lahan), jadi ada progres yang sudah dicapai oleh Heru,” lanjut mantan Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) ini.

Menurut dia, kepemimpinan Heru dalam mengentaskan banjir lebih terarah dibanding Anies. Sebagai contoh, Anies menggiatkan pembangunan


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0