Megawati Pertanyakan Aktivitas Ibu-ibu Pengajian, LKK NU: Tidak Didasari Kajian

Bambang Widodo
Feb 21, 2023

KOSADATA - Kepala Badan Pembinaan Jaringan Konstituen (BPJK) Demokrat Jakarta, Khadijah Al-Makiyah mengaku heran dengan sikap Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri yang mempertanyakan ibu-ibu yang sering ke pengajian. Putri Bungsu Abuya KH Syakrim, Sesepuh Nahdlatul Ulama (NU) Jakarta ini menilai pernyataan Megawati bukan menandakan seorang negarawan.

"Heran dengan statement bu Mega mempertanyakan aktivitas dan rutinitas ibu-ibu yang senang ke pengajian. Ibu Mega menganggap seringnya ibu-ibu hadir ke pengajian akan mempengaruhi manajemen rumah tangga dan kecakapan para ibu-ibu mengurus keluarga. Statement bu Mega sangat tidak menggambarkan seorang negarawan," ujar Maya, panggilan akrab Khadijah al Makiyah, di Jakarta, Senin (20/2/2023).

Pengurus Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdatul Ulama (LKK NU) itu menyayangkan pernyataan Megawati yang mempersoalkan aktivitas ibu-ibu ke pengajian karena tidak didasari kajian ilmiah. Terlebih, ungkapnya, Megawati membandingkan ibu-ibu di Indonesia yang sering menghabiskan waktu di pengajian dengan aktivitas mereka mengurus rumah tangga.

"Lalu apa pengaruhnya seringnya ibu ke pengajian dengan ketidakmampuan mengurus keluarga? Lalu apa apa faktor yang mempengaruhi kesuksesan managemen rumah tangga? Selain itu, budaya hadir ke pengajian adalah budaya Indonesia yang patut dilestarikan," kata putri ulama NU itu.

Dia memastikan, pengajian ibu-ibu di pelosok Indonesia senantiasa berisi aktivitas positif dengan penyebarluasan wawasan umum, tidak hanya soal keagamaan. Bahkan, ucapnya, tak jarang pengajian itu diisi tema soal hidup bermasyarakat, bernegara dan gotong royong.

"Bahkan pengajian yang saya di NU lebih sering membahas soal isu-isu parenting dan keluarga. Bukan saya


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0