Menhub: Pembangunan Infrastruktur Transportasi di Aceh Pacu Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Wisata

Dian Riski
Feb 09, 2023

KOSADATA - Pembangunan infrastruktur transportasi oleh pemerintah di Provinsi Aceh dan sekitarnya diharapkan dapat memacu peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. 

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau sejumlah infrastruktur transportasi yang sudah, tengah dan akan dibangun di Aceh, Rabu (8/2). 

Sejumlah infrastruktur transportasi yang ditinjau yaitu Pelabuhan Kuala Langsa di Provinsi Aceh dan Terminal Tipe A Paya Ilang Takengon di Kabupaten Aceh Tengah.

Menhub mengatakan, Kemenhub tengah mempersiapkan pekerjaan pengerukan alur di Pelabuhan Kuala Langsa yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo). 

Pekerjaan ini mulai dilakukan tahun 2023 dengan kolaborasi antara Kemenhub (Direktorat KPLP, Ditjen Perhubungan Laut), Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, dan PT Pelindo.

Pelabuhan Kuala Langsa akan dilakukan pengerukan  berkedalaman -5.5 mLWS, dengan estimasi volume keruk 197,7 ribu m2. Pengerukan dilakukan untuk mendukung aspek keselamatan alur pelayaran sesuai Rencana Induk Pelabuhan, memperlancar arus konektivitas antar pelabuhan, serta meningkatkan volume pergerakan barang maupun daya saing di Pelabuhan Kuala Langsa. 

"Di titik Kuala Langsa terjadi pengendapan dengan kedalaman hanya 3 meter sehingga kapal tol laut tidak bisa masuk. Diharapkan dalam waktu 4-5 bulan proses pengerukan dapat dilakukan dan kapal-kapal niaga bisa keluar dan masuk Pelabuhan Kuala Langsa, " ujar Menhub. 

Menhub berharap agar pemerintah Kota Langsa dan Pemprov NAD dapat mendukung kelancaran pengerukan Pelabuhan Kuala Langsa. 

Selanjutnya, Menhub Budi juga mengunjungi Terminal Tipe A Paya Ilang Takengon yang mulai direvitalisasi pada tahun 2021 dan telah diselesaikan pada tahun 2022, menggunakan APBN sebesar Rp 20 miliar. 

Terminal ini memiliki luas sekitar 9.792 m2 dan melayani tujuan Sumatera


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0