Menjadi Guru Baru, Perlu Perubahan Mindset Lahirkan Pelajar Pancasila

Widihastuti Ayu
Mar 01, 2023

Hal ini diperlukan untuk mendukung visi misi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.

"Guru-guru baru adalah guru-guru yang bisa berinovasi terhadap kebutuhan peserta didiknya dan mencari solusi untuk pemecahan masalah-masalah di sekolahnya. Kami bisa melihat di sekolah kondisinya seperti apa, anak-anak didik kita bagaimana, mereka berbeda satu dengan yang lain, sehingga Bapak Ibu Guru lulusan PPG bisa mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi," ujar Nunuk dilansir laman resmi UPI, Rabu (1/3/2023).

Untuk itu, harapnya, semua guru baru lulusan PPG melakukan perubahan. Baik perubahan dalam mindset-nya agar bisa mencetak Pelajar Pancasila yang berkarakter.

" Kalau kita lihat visi yang seperti itu, maka kebijakan yang sekarang diimplementasikan sudah masuk ke epidose 22, sebentar lagi epidose 23 adalah Merdeka Belajar,” ungkapnya.

Dalam mencetak Pelajar Pancasila, katanya, guru baru harus melihat pengembangan karakter. Sehingga, katanya, guru baru harus melakukan banyak sekali penyesuaian yang sudah ada sebelumnya.

“Penyesuaian ini dapat dicapai melalui perbaikan pada infrastruktur dan teknologi; kemudian kebijakan, prosedur, dan pendanaan; kepemimpinan, masyarakat, dan budaya; serta kurikulum, pedagogi dan asesmennya,” imbuhnya.

Dikatakan Nunuk, Indonesia perlu segera melakukan perubahan dengan mencetak Pelajar Pancasila yang terukur. Oleh karena itu, lanjutnya, Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) diyakini akan meningkatkan kualitas guru dengan ilmu yang berkualitas.

"Di Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sendiri, kerangka utama transformasi yang


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0