Menunggu Tangan Dingin Heru Budi, Benahi Kawasan Kumuh Pinggir Rel

Isma Nanik
May 10, 2023

KOSADATA - Salah satu program prioritas Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono adalah penataan kawasan. Heru Budi gencar melakukan penanaman pohon di sejumlah wilayah, salah satunya kolong tol Becakayu, Jakarta Timur.

Namun, tidak sedikit wilayah Jakarta yang masih menanti sentuhan tangan dingin Heru Budi Hartono. Diantaranya, kawasan kumuh di pinggir rel milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang ada di wilayah Jakarta.

Pengguna twitter @jalur5_ mencuit sejumlah wilayah kumuh di petak kereta api Jakarta Kota - Kampung Bandan, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Dalam unggahan fotonya, akun ini menyebut banyaknya pemukiman liar berdiri di area kolong rel kereta api dan lahan sebelah utara rel yang notabene masih dikuasai PT KAI.

"Hal ini bermula dari salah kelola lahan kereta api pada zaman PJKA. Pada tahun 1980an, area ini sebagian besar masih kosong.  Arus urbanisasi besar pada tahun 1990an membuat lahan tidur PT KAI ini "dikavling" warga, lalu dibuat bangunan liar," tulisnya.

Karena tidak ada yang mengontrol, lanjutnya, bangunan di sekitar lokasi ini dibuat asal-asalan, berbeda dengan pemukiman padat resmi di sekitarnya (Pademangan, Mangga Dua Selatan).

Lahan di antara Jakarta Gudang dan Kampung Bandan sendiri menjadi lahan sengketa antara KAI dan pengembang Duta Anggada Realty sebagai pemegang HGB untuk proyek TOD Kampung Bandan - Jakarta Kota.

Pada awal 2000an, tuturnya, KAI berencana menjadikan kawasan kumuh Kampung Bandan ini menjadi TOD, dengan menggandeng Sinarmas (ITC


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0