|

Minimalisir Pelecehan Seksual, Transjakarta Bakal Tambah 20 Bus Pink

Abdillah Balfast
Feb 28, 2023
0
1 minute

KOSADATA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bakal menambah 20 bus Pink khusus pelanggan perempuan. Hal ini, sebagai bentuk meminimalisir terjadinya pelecehan seksual di transportasi publik.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Apriastini Bakti Bugiansri mengatakan, nantinya bus pink akan dioperasikan secara bertahap yaitu tahap I sebanyak 15 armada yang dioperasikan mulai (27/2/2023) hari ini.

Bus pink tersebut, lanjut Apri akan dioperasikan di lima koridor, yakni Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni), Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru), Koridor 9 (Pinang ranti-Pluit), Koridor 13 (Ciledug-Tendean) dan PGC-Harmoni (5C) tahap II.

“Selanjutnya, pada Maret akan ada penambahan lima unit armada bus pink sehingga seluruhnya menjadi 20 unit armada pink dengan jangkauan tujuh rute,” ujar Apri dikutip dalam laman resmi Pemprov DKI, Selasa (28/2/2023).

Menurut Apri, bus tersebut mampu meningkatkan kenyamanan dan keamanan pelanggan perempuan yang bermobilitas seorang diri. Sehingga, pelanggan perempuan tidak lagi merasa khawatir menggunakan transportasi publik.

“Bus pink hadir untuk meminimalisasi terjadinya pelecehan seksual. Kami ingin penumpang wanita dapat menikmati layanan Transjakarta dengan merasa aman dan nyaman,” ungkapnya.

Apri mengatakan, bersamaan dengan itu Transjakarta juga memperkuat sistem keamanan dalam semua lini pelayanan TransJakarta. Dia memastikan Transjakarta selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dan melindungi pelanggan dari segala bentuk gangguan keamanan.

“Dan bila pun hal itu terjadi, kami akan memfasilitasi pelanggan kami untuk menggunakan hak hukumnya melalui jalur penegakan hukum kepada pihak berwenang,” kata Apri.

Tak hanya itu, lanjut Apri, seluruh armada Transjakarta telah dilengkapi CCTV yang diharapkan dapat memberikan dan memperkuat sisi keamanan, selain memperkuat kehadiran personel keamanan di halte dan di dalam bus.

“Sedangkan pada armada bus reguler, Transjakarta juga memiliki ruangan khusus wanita serta dilengkapi dengan kamera pengawas (CCTV) yang menjamin keamanan dan kenyamanan pelanggan,” pungkasnya.(***)

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News