Pesona Curug Ngumpet, Alam Liar yang Ramah untuk Botram

Ida Farida
Mar 03, 2023

KOSADATA - Botram atau kegiatan makan bersama mulai merambah perkantoran. Namun, botram yang paling enak tetap dilakukan di alam liar. Salah satunya di Curug Ngumpet, Desa Gunung Sari, Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Botram di kawasan ini bisa sekaligus menikmati air terjun dan hutan pinus. Lokasinya, tepat berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Indahnya alam di kawasan ini bisa menambah nafsu makan lebih banyak.

Meski hanya menyantap lauk seadanya, goreng tempe, tahu, telor serta oseng-osengan, kita bisa merasakan kenikmatan luar biasa. Dari Jakarta, kita cukup menempuh waktu 4 jam perjalanan saja. Hanya saja, jalur ini belum memiliki angkutan umum. Sehingga, mau tidak mau pakai kendaraan pribadi atau sewaan.

Di curug Ngumpet, kita bisa berenang di bawahnya. Pemandian ini cukup dalam, bisa mencapai 2 meter. Airnya yang bening serta hawanya yang sejuk, bisa membuat badan kita semakin menggigil. Hawa dingin inilah yang menyebabkan nafsu makan kita semakin enak.

Selain jernih, aliran air sepanjang sungainya pun terbebas dari limbah manusia. Baik sampah-sampah makanan atau minuman ringan yang dibawa pengunjung. Hal ini membuat tempat wisata air terjun semakin diminati.

Menurut Salahudin, 50 tahun, salah satu petugas curug Ngumpet mengatakan, pihak pengelola baik dari Perhutani maupun relawan dari desa setempat, selalu membawa sampah yang dibuang pengunjung ke tempat pembuangan sampah. Mereka membersihkan sampah-sampah mulai dari air terjun, aliran sungai, hingga taman kecil tempat berkumpul.

“Kalau sampahnya tidak diangkut begini, kita bisa ditinggalkan pengunjung. Kan, kalau tempat bersih, mereka juga akan merasa nyaman,” ucap Salahudin saat berbincang, di lokasi, belum lama ini.

Menurutnya, persoalan sampah selalu menjadi dilema tempat


1 2
Post a Comment

Comments 0