Ratusan Warga Tanggamus Lampung Semringah Nikmati Listrik Gratis

Ida Farida
Mar 13, 2023

KOSADATA - PT PLN (Persero) berhasil mengalirkan listrik bagi ratusan rumah di Pekon (Desa) Karang Brak, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Kehadiran listrik PLN di kawasan 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) merupakan bukti kehadiran negara melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) guna mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh masyarakat.

Hadirnya listrik pun disambut sukacita oleh warga Pekon Karang Brak. Kepala Urusan Pelayanan Pekon Karang Brak, Asep Gunawan mengatakan, dirinya sudah mendambakan hadirnya listrik sejak lama.

“Kami sangat mengapresiasi kerja keras PLN sehingga listrik dapat mengaliri rumah-rumah warga di Pekon Karang Brak. Apalagi dengan kondisi geografis menuju pekon kami yang sangat menantang. Masuknya listrik semakin memberikan kenyamanan bagi warga,” ujar Asep.

Asep menambahkan, kehadiran listrik PLN telah membantu masyarakat lebih produktif dalam bekerja dan kegiatan warga menjadi lebih mudah dan efisien. Anak-anak kini juga bisa belajar dengan leluasa pada malam hari.

"Sebelum listrik hadir di pekon kami, kegiatan belajar mengajar sangat terbatas, tetapi kini beragam kegiatan dapat kami hadirkan dalam kegiatan belajar mengajar," jelas Asep.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan pihaknya akan terus mendukung program pemerintah untuk terus menghadirkan listrik ke seluruh nusantara khususnya di wilayah 3T.

"Ini adalah wujud nyata hadirnya negara dalam mewujudkan energi listrik yang berkeadilan. Masyarakat yang berada di pelosok desa terpencil memiliki hak yang sama untuk menikmati energi listrik. Untuk itu, PLN akan terus berupaya mewujudkannya," jelas Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Lampung I Gede Agung Sindu Putra mengatakan PLN telah membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 10 kilometer sirkit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 4,5 kms dan trafo gardu distribusi


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0