Rutin Adakan Kontes Batu Akik, Pasar Rawa Bening Kembali Menggeliat

Bambang Widodo
Mar 14, 2023

KOSADATA - Sejumlah komunitas kembali menggelar kontes enam batu akik khas Indonesia bernilai jual tinggi. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, juga dilakukan santunan kepada sebanyak 50 anak yatim di Pasar Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur.

Sejurus kontes 6 batu akik diadakan terus oleh para pecintanya sebagai upaya menggeliatkan kembali batu akik untuk mendongkrak perekonomian para pedagang dan pengrajin batu akik.

Kepala Pasar Rawa Bening, Ahmad Subhan mengatakan, pihaknya melibatkan sejumlah komunitas pecinta batu akik dalam menggelar kontes dan sekaligus memberikan santunan kepada 50 anak yatim.

Kali ini, ada enam jenis batu akik yang diperlombakan dalam kegiatan yang digelar di Pasar Rawa Bening.

"Kali ini, kontes diikuti oleh 6 komunitas batu akik yaitu Bacan, Pandan, Anggur, Garut, Kalimaya, dan Wulung. Ini semua batu asli Indonesia, contoh batu Pandan memang bermacam-macam jenisnya yang disukai kalangan tertentu," ujar Subhan di Pasar Rawa Bening, Senin (13/3/2023).

Mantan humas Perumda Pasar Jaya itu menjelaskan, melalui kontes itu diharapkan di Pasar Rawa Bening khususnya yang terkenal pusat batu akiknya, dapat kembali terangkat.

Pihaknya juga bersyukur, Suku Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Timur terus memberikan dukungannya dalam setiap kegiatan maupun event yang digelar.

"Dengan begitu pastinya perekonomian para pedagang dan pengrajin kembali tumbuh dengan penjualan yang dilakukan. Apalagi, selama beberapa bulan belakangan ini, berbagai jenis batu akik juga terus menjadi perhatian para pecintanya di luar negeri," ungkap Subhan.

Sementara, Ketua panitia kontes batu akik, Yohanes Setyawan menambahkan, dalam kontes yang digelar kali ini diikuti


1 2 3
Post a Comment

Comments 0