Soal Khofifah Jadi Cawapres Anies, Andi Arief Sebut AHY Lebih Potensial

Abdillah Balfast
Mar 11, 2023

KOSADATA - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Andi Arief menegaskan bahwa ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jauh lebih berpotensial menjadi pasangan dari Anies Baswedan  dibandingkan Khofifah Indar Parawansa.

"Ya Khofifah juga potensial ya, tetapi bahwa berdasarkan survei dia menjadi tidak potensial. Lihat survei cawapres atau survei capres kan sangat jauh di bawah AHY," kata Andi Arief kepada wartawan, Sabtu (11/3/2023).

Bahkan, kata dia, dari simulasi sejumlah lembaga survei, duet Anies-AHY jauh lebih banyak dipilih masyarakat ketimbang duet Anies-Khofifah. Menurutnya, data kuantitatif dari survei ini sudah bisa menjawab kemungkinan-kemungkinan pemasangan tokoh yang akan mendampingi Anies Baswedan sebagai Bacapres.

Di sisi lain, kata Andi, jika pertimbangannya untuk merebut pemilih Nahdlatul Ulama (NU), AHY juga merupakan tokoh NU, sama seperti Khofifah. Begitupun, pertimbangan aspek merebut suara perempuan.

"Pemilih perempuan AHY juga banyak di Demokrat. Dan AHY banyak dipilih kaum perempuan," ujarnya.

Andi Arief pun mengingatkan, jika masih ada sosok Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kiprah politiknya masih gemilang di Tanah Air, termasuk di Provinsi Jawa Timur sendiri.

"Ini yang harus dihitung sebagai kekuatan, walaupun pak SBY mungkin hanya menjadi pandito saat ini tapi jejaknya masih ada dan masih kuat," pungkasnya.

Andi Arief juga menjelaskan bahwa pemilu presiden (pilpres) di Indonesia ini sifatnya nasional, bukan pilpres yang basisnya wilayah atau geografi.

"Jadi bukan pilpres yang dipisah-pisah antara pemilu


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0