Survei LSI Denny JA, Pilpres Tanpa Anies Bikin Prabowo Mudah Kalahkan Ganjar

Ida Farida
Jun 05, 2023

KOSADATA - LSI Denny JA kembali merilis hasil temuan terbaru survei nasional jika Anies Baswedan gagal menjadi calon presiden (Capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

 

Peneliti senior LSI Denny JA, Ade Mulyana mengungkapkan, jika Pilpres 2024 head to head Prabowo versus Ganjar, hasilnya menempatkan Prabowo sebagai pemenang dengan selisih 7.2%. 

 

"Prabowo elektabilitasnya sebesar 50.4%, Ganjar elektabilitasnya sebesar 43.2%. Sebesar 6.4% menyatakan tidak Tahu/tidak Jawab. Posisi dukungan capres tertutup tiga nama (Prabowo, Ganjar, Anies), Prabowo unggul tipis dengan 33.9%. Ganjar di angka 31.9%. Anies sebesar 20.8%. Prabowo menang dengan selisih 2.0% saja di atas Ganjar," ujar Ade Mulyana kepada wartawan, Senin (5/6/2023).

 

Menurutnya, kemenangan Prabowo atas Ganjar lebih telak ketika head to head. Dari hasil survei terbaru ini, katanya, selisih kemenangan Prabowo atas Ganjar naik, dari selisih 2.0% menjadi selisih 7.2%.

 

"Hal ini terjadi karena migrasi pemilih Anies yang tak berimbang. Mayoritas pendukung Anies lebih banyak berpindah ke Prabowo dibanding migrasi ke Ganjar," katanya 

 

Dia menegaskan, sebesar 50.8% pendukung Anies, berpindah ke Prabowo. Sementara pendukung Anies yang berpindah ke Ganjar hanya separuhnya: 25.4%. Menurutnya, kemenangan Prabowo atas Ganjar paling tinggi di segmen pendapatan dibawah dua juta perbulan. 

 

"Di segmen ini, Prabowo elektabilitasnya mencapai 51.4%. Ganjar di segmen ini elektabilitasnya sebesar 41.4%. Prabowo juga menang di segmen pendidikan tamat SD ke bawah, dan pendidikan tamat D3 keatas. Ganjar menang di segmen pendidikan tamat SMP sederajat, dan SMA sederajat," jelasnya 

 

Dari sektor


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0