|

Syarat Dari Heru Buat Calon Pendatang Sebelum ke Jakarta, Untuk Kemaslahatan

Eka Putri
May 06, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Ketua Umum Pemuda Cinta Tanah Air (PITA), Ervan Purwanto menilai bahwa pernyataan Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengenai saran bagi pendatang baru dari daerah harus punya pekerjaan dan tempat tinggal merupakan ikhtiar mewujudkan kemaslahatan untuk bersama.

"Saya kira tidak ada yang salah dengan yang disampaikan Pak Heru. Kalau masih belum ada tujuan yang jelas sebaiknya tahan dulu, mapping dulu ke apa yang akan ditargetkan kalau diam di Jakarta, bahkan tinggal di daerah lain juga begitu kan?. Artinya, saran itu memang demi kemaslahatan," ujar Ervan di Jakarta, Sabtu (6/5/2023).

Ervan menyebutkan, saran Heru tersebut bisa jadi cara untuk menekan angka kriminal yang diakibatkan oleh keterpaksaan untuk menyambung hidup. 

Selain itu, kata Ervan, saran Heru merupakan upaya mengantisipasi lonjakan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang kerap terjadi usai arus balik Lebaran akibat tidak memiliki pekerjaan atau tidak mampu mengontrak tempat tinggal.

"Itu sangat rasional, mungkin tidak hanya berlaku untuk di Jakarta, siapapun ketika akan urban ke kota besar lainnya kalau tidak direncanakan dan disiapkan dengan matang tentu resikonya sangat besar," sebutnya.

Sebelumnya, Heru Budi Hartono mempersilakan setiap warga dari luar daerah untuk mencari urban ke Jakarta. Akan tetapi, Heru meminta agar sudah ada pekerjaan dan tempat tinggal yang dibidik di Jakarta.

"Pemerintah Provinsi DKI sebenarnya mempersilakan siapapun masyarakat yang ingin mencari kehidupan ataupun pekerjaan di DKI. Yang paling utama adalah bagaimana para pendatang menaati rambu-rambu sosial, rambu-rambu kehidupan yang ada di DKI," kata Heru di Jakarta, Minggu (30/4).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta, Budi Awaluddin juga mengimbau pendatang baru untuk mempersiapkan persyaratan jaminan tempat tinggal dan jaminan pekerjaan agar dapat hidup secara layak di Jakarta.

Related Post

Post a Comment

Comments 0