Sylviana Murni: Indonesia Punya Peran Strategis Selesaikan Konflik Myanmar

Sani Ichsan
Mar 05, 2023

KOSADATA - Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta, Sylviana Murni mengungkapkan, Indonesia yang tergabung dalam negara-negara ASEAN memiliki peran strategis untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di Myanmar.

Terlebih, keketuaan ASEAN saat ini diemban oleh Indonesia, sehingga menjadi sebuah momentum yang tepat untuk turut andil dalam penyelesaian masalah Myanmar tersebut. 

"Ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk hadir dengan membawa roadmap penyelesaian konflik di Myanmar. Pemerintah juga bisa merekrut organisasi non pemerintah untuk andil dalam penyelesaian konflik tersebut," ujar Sylviana Murni, Minggu (5/3/2023).

Sylviana mengaku khawatir, aksi kekerasan yang terjadi akibat dari kudeta Myanmar tidak dianggap persoalan yang sangat serius, khususnya oleh komunitas di ASEAN.

Padahal, kata Sylvi, persoalan yang terjadi di Myanmar telah merenggut banyak korban jiwa terutama pada kelompok rentan, perempuan dan anak-anak. Bahkan, lanjutnya, sekitar 3000an perempuan menjadi korban.

"Mereka semua mengalami situasi yang sangat berbahaya, di antaranya mengalami kekerasan, penyiksaan, bahkan kekerasan seksual,” katanya.

Ketua Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI itu menuturkan, jika semakin lama dibiarkan, maka konflik akan semakin membesar dan menimbulkan lebih banyak kerugian. 

"Konflik ini juga berdampak pada masuknya pengungsi-pengungsi dari Myanmar ke negara-negara tetangga. sehingga penting bagi Indonesia untuk mem progres atas upaya resolusi konflik di sana," sebutnya.

Sebagai informasi, Indonesia telah resmi menjadi ketua ASEAN untuk tahun 2023. Peresmian tersebut ditandai dengan acara kick off serta pemukulan alat musik rebana oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Bundaran Hotel Indonesia pada Minggu (29/1/2023) lalu.

Jokowi menyampaikan optimisme bahwa ASEAN akan tetap relevan


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0