Tiga Calon Menpora yang Diserahkan Airlangga ke Jokowi

Abdillah Balfast
Feb 26, 2023

KOSADATA – Sudah sejak sepekan lamanya Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan 3 (tiga) nama yang akan mengisi kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang ditinggalkan oleh Zainudin Amali, kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tiga nama ini merupakan kader muda Golkar yang dipilih dengan sistem meritrokrasi oleh Airlangga.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) DPP Partai Golkar Tantowi Yahya, Sabtu (25/2/2023). Menurutnya, Airlangga menyerahkan tiga nama atas permintaan Presiden Jokowi. Mereka yakni Ilham Permana, Dito Ariotedjo dan Putri Komarudin.

“Ya sudah tiga nama dan sudah beredar nama-namanya. Setahu saya ya tiga nama itu, tinggal presiden memilih yang mana yang memenuhi syarat presiden,” kata Tantowi saat dihubungi.

Tantowi menegaskan, pergantian anggota kabinet itu merupakan hak prerogatif presiden, dan tidak ada pihak yang mempengaruhi presiden dalam hal ini. Karena pada hakikatnya menteri itu adalah pembantu presiden, sehingga presiden sebagai pengguna jasa menteri harus memiliki kenyamanan dengan menteri itu, baik secara kemampuan maupun chemistry.

“Jadi tahapan selanjutnya adalah terserah presiden mau pilih yang mana dari 3 calon yang sudah kita sampaikan kepada presiden itu.

Mantan Pimpinan Komisi I DPR ini menegaskan, tugas Golkar hanya memilih dan menyampaikan nama-nama calon Menpora yang dianggap pantas oleh Airlangga Hartarto. Namun, dinamikanya masih sangat tinggi dan bisa saja presiden meminta nama lain dalam beberapa waktu ke depan.

“Dinamikanya masih sangat tinggi nih, bisa saja presiden dalam waktu ke depan ini minta nama lagi, bisa saja terjadi. Apakah presiden akan mengambil satu


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0