Tingkatkan Kualitas Merdeka Belajar, Indonesia Jajaki Kerja Sama dengan Inggris

Ida Farida
May 11, 2023

KOSADATA - Sejak diluncurkan sebagai Merdeka Belajar episode ke-2, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus meningkatkan kualitas dan skala program Kampus Merdeka dengan memperluas kolaborasi lintas sektor.

Dalam kunjungan kerjanya ke London, Mendikbudristek Nadiem Makarim tidak melewatkan kesempatan untuk memperkenalkan Kampus Merdeka kepada para perwakilan perguruan tinggi dan industri yang datang dari penjuru Britania Raya.

Kemendikbudristek bersama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London dan Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia menyelenggarakan kegiatan Briefing Forum pada Selasa (9/5/2023) lalu sebagai wadah bagi perguruan tinggi dan industri di Britania Raya untuk mengenal lebih lanjut program-program Kampus Merdeka serta beragam peluang kolaborasi yang dapat dijajaki lebih lanjut.

“Indonesia adalah negara besar dengan potensi yang luar biasa dan terus berkembang. Kolaborasi adalah kunci untuk mentransformasi sistem pendidikan Indonesia yang mampu menghasilkan talenta kelas dunia,” ujar Menteri Nadiem dalam keterangan tertulis, Kamis (11/5/2023).

Di hadapan para perwakilan perguruan tinggi akademik dan vokasi serta perusahaan kelas dunia, Menteri Nadiem menjelaskan lima kebijakan utama Kampus Merdeka yang mendukung transformasi sistem pendidikan tinggi. Kelima kebijakan tersebut meliputi kesempatan belajar di luar kampus selama maksimal satu tahun, dana padanan untuk kolaborasi penelitian dan akademik, program visiting scholar, beasiswa sarjana dan pascasarjana, serta pendirian kampus internasional di Indonesia.

Lebih lanjut, Mendikbudristek menjelaskan tentang program-program belajar di luar kampus, terutama magang dan studi independen yang berkaitan langsung dengan kolaborasi antara perguruan tinggi dengan industri. Sejauh ini, tercatat sudah ada lebih dari 130 ribu mahasiswa yang mengikuti program Kampus Merdeka dan lebih dari 2,8 ribu institusi industri dan organisasi non-profit yang


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0