|

TKDN di Atas 70 Persen, 13 Proyek Kelistrikan di Sumatera Optimalkan Produk Lokal

Ida Farida
January 19, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Selama tahun 2022 PT PLN (Persero) berhasil merampungkan 13 Proyek strategis nasional yang tersebar di Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung. Proyek strategis nasional berupa pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan tersebut berhasil dibangun dengan realisasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) mencapai 71,73 persen.

 

“Tingginya realisasi TKDN sekaligus menunjukkan komitmen PLN dalam mendorong industri lokal untuk turut mengambil peran pada pembangunan infrastruktur kelistrikan," ujar General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan (UIP Sumbagsel), Muhammad Dahlan Djamaluddin dalam keterangan tertulis, Kamis (18/1/2023).

 

Sepuluh dari tiga belas proyek tersebut di antaranya merupakan pembangunan jaringan transmisi tegangan tinggi dan tegangan ekstra tinggi berupa saluran kabel udara, saluran kabel bawah tanah dan saluran kabel bawah laut yang terbentang sejauh 217,171 kilometer sirkit. 

 

Sementara tiga proyek lainnya adalah peningkatan kapasitas daya 3 Gardu Induk tegangan tinggi dan tegangan ekstra tinggi dengan total daya tersambung sebesar 370 Mega Volt Ampere (MVA) kepada pelanggan. 

 

Dahlan menambahkan, seluruh proyek ini diharapkan memperkuat keandalan listrik dan meningkatkan daya saing daerah Sumatera Bagian Selatan dalam mengembangkan potensinya. 

 

“Nilai daya saing daerah tentunya akan semakin terdongkrak dengan beroperasinya beberapa infrastruktur kelistrikan yang telah dibangun oleh PLN. Peningkatan keandalan layanan listrik menjadi salah satu daya tarik daerah untuk menggaet investor yang akan menstimulus tumbuhnya potensi sektor usaha baru. Ini akan sangat baik untuk meningkatkan perekonomian nasional,” kata Dahlan.  

 

Dalam hal pengamanan aset negara, Dahlan melanjutkan, UIP Sumbagsel bersinergi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan berhasil merampungkan penerbitan sertifikat 889 persil tanah selama tahun 2022.

 

“Performa baik dari sisi pelaksanaan teknis, sinergi antara PLN dengan seluruh stakeholder terkait dan juga upaya implementasi K3, menjadi kunci utama suksesnya proyek kelistrikan ini. Terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah  Daerah, stakeholder utama dan pihak pelaksana pekerjaan yang telah secara proaktif menjadikan pembangunan infrastruktur kelistrikan ini sebagai pondasi fundamental kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

 

Adapun 3 proyek peningkatan kapasitas daya yang telah rampung pada tahun 2022 di antaranya adalah Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi  275 kilo volt (kV) Gumawang, Gardu Induk 150 kV Pendopo yang berada di Provinsi Sumatera Selatan dan Gardu Induk 150 kV Sidomulyo yang berada di Provinsi Lampung.

 

Sedangkan 10 transmisi yang berhasil dituntaskan pada tahun 2022 di antaranya ada 3 jalur di Provinsi Sumatera Selatan yakni Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Lumut Balai-Muara Enim, SUTET 275 kV Incomer Muara Enim dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Phi Inc Pendopo. 

 

Lalu sebanyak 6 jalur di Provinsi Bangka-Belitung yakni SUTT 150 kV Landing Point (Lp) Muntok–Muntok Line 1; SUTT 150 kV Tj. Apiapi–Lp. Tj. Carat Line 1; SUTT 150 kV Lp Muntok Line 2; Saluran Kabel Bawah Laut (SKBL) 150 kV Tj. Carat–Lp. Muntok Line 2; SKBL 150 kV Tj. Carat–Lp. Muntok Line 3; SUTT 150 kV Tj. Apiapi–Lp. Tj Carat Line 2; kemudian sebanyak 1 jalur di Provinsi Lampung yakni SUTT 150 kV inc. Sidomulyo.***

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News